UKM Kota Bandung Bersinergi dengan Kadin Kota dalam Bakti Sosial Waqaf Al-Quran

BANDUNG – Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kota Bandung bekerja sama dengan Unit Pengelola Zakat Kamar Dagang dan Industri Kota Bandung dalam melaksanakan Program penyebaran waqaf Al-Qur’an ke seluruh pelosok daerah di Kota Bandung.

Program ini dilakukan karena masih banyaknya warga Kota Bandung yang tidak bisa membaca Al-Qur’an, warga Kota Bandung bukan tidak ingin bisa membaca Al-Qur’an melainkan karena di beberapa pelosok daerah sangat minim keberadaan Al-Qur’an.

Sebagai negara muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki problem berupa ketersediaan Al-Qur’an.

Menurut data bahwa kebutuhan Al-Qur’an adalah 2 juta eksemplar tiap tahun. Angka tersebut didasarkan pada jumlah pasangan pengantin yang menikah setiap tahun di KUA. Asumsinya, setiap pasangan pengantin diberikan 1 mushaf Al Qur’an.

Berdasarkan temuan tersebut, UPZ Kadin Bandung Bermanfaat ingin mengambil posisi dan peran dalam pengadaan Al-Qur’an berupa wakaf dan mendistribusikannya sampai ke berbagai pelosok di Indonesia.

“Melalui salah satu program Tebar Wakaf Al-Qur’an, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kadin Bandung Bermanfaat untuk menyebarluaskan syiar Islam dengan mengirimkan paket Mushaf Al-Qur’an ke daerah-daerah pelosok di Indonesia,” kata ketua Kadin Kota Bandung Ir. Iwa Gartiwa, MM saat diwawancarai mengenai program Waqaf Al-Qur’an di Graha Kadin Kota Bandung Jalan Talaga Bodas No.31 Bandung, Rabu (17/02/2021)

Menurut Iwa, waqaf Al-Qur’an merupakan salah satu amalan yang memiliki banyak kebermanfaatan bagi umat dan bangsa. Wakaf adalah ibadah mulia yang bisa dilaksanakan oleh kaum muslimin, terlebih jika yang mendapatkan manfaatnya adalah orang-orang muslim yang kemudian mendoakan para pemberinya. Salah satu wakaf yang ringan dan bisa ditunaikan oleh umat muslim adalah wakaf Al-Qur’an.

“Al Qur’an merupakan kitab suci umat islam yang sudah seharusnya dimiliki di setiap tempat seperti masjid dan mushola. Sebagai umat muslim kita diwajibkan untuk membaca dan mempelajari Al Qur’an sebagai yang baru hidup di dunia. Sudah sepatutnya semua umat dapat menggunakan Al Qur’an yang layak. Untuk itu mari berlomba dalam membangun dan mengembangkan akhirat dengan sedekah jariyah (wakaf) Al Qur’an bersama UPZ Kadin Bandung Bermanfaat,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan