Mudah Lupa? Inilah Makanan yang Bisa Memperkuat Fungsi Otak

JAKARTA – Otak merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia. Organ ini memegang kendali dan mengatur banyak hal seperti gerakan, pemikiran, dan fungsi tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Salah satu fungsi otak adalah menyimpan ingatan dan pembelajaran. Untuk mendukung fungsi tersebut, ada beberapa jenis makanan tertentu yang baik untuk menjaga kesehatan otak. Dilansir dari Medicalnewstoday, berikut makanan-makanan yang membantu kerja otak agar tidak mudah lupa.

Brokoli

Brokoli dan sayuran lainnya kaya serat dan nutrisi. Selain menjadi sumber serat makanan rendah kalori, brokoli juga baik untuk otak.

Brokoli kaya akan senyawa yang disebut glukosinolat. Ketika tubuh memecahnya, mereka menghasilkan isothiocyanate.

Isothiocyanates dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif.

Brokoli juga mengandung vitamin C dan flavonoid, dan antioksidan ini selanjutnya dapat meningkatkan kesehatan otak seseorang. Sayuran lain yang juga mengandung glukosinolat adalah bok choy, kubis, bunga kol, dan lobak.

 

Ikan yang tinggi omega-3

Ilustrasi ikan. Foto: Pixabay

Ikan berminyak adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik. Omega-3 membantu membangun membran di sekitar setiap sel dalam tubuh, termasuk sel otak. Oleh karena itu, mereka dapat memperbaiki struktur sel otak yang disebut neuron.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa orang dengan tingkat omega-3 yang tinggi mengalami peningkatan aliran darah di otak. Para peneliti juga mengidentifikasi hubungan antara tingkat omega-3 dan kognisi yang lebih baik, atau kemampuan berpikir.

Hasil ini menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya omega-3, seperti ikan berminyak, dapat meningkatkan fungsi otak.

Omega-3 memiliki beragam manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan fungsi otak dengan lapisan sel di otak.

Selain itu, Omega-3 juga dapat mencegah Alzheimer’s disease dan penurunan mental karena faktor usia.

Ikan yang mengandung omega-3 adalah ikan salmon, tuna, makarel, dan sardin. Ikan-ikan ini bisa menjadi menu harian yang menutrisi otak.

 

Cokelat hitam

Tinggalkan Balasan