Baru Sah Diresmikan, Berikut Ini Program-program UPZ

BANDUNG – UPZ (Unit Pengumpul Zakat) merupakan unit pengumpul zakat yang baru saja diresmikan oleh Ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) Kota Bandung, Ir. Iwa Gartiwa, MM di Graha Kadin Kota Bandung Jl. Talaga Bodas No. 31, Senin (8/2) siang.

Dalam peresmiannya tersebut UPZ sudah mencanangkan beberapa program yang akan diluncurkan, misalnya program di bidang sosial, bidang pendidikan dan dakwah, bidang kesehatan, bidang pemberdayaan ekonomi, dan bidang aksi cepat tanggap bencana.

Rincian program yang sudah pada bidang sosial, meliputi pembagian sembako, santunan lansia, santunan yatim, dan warung gratis. Lalu dalam program bidang pendidikan dan dakwah akan diadakan kegiatan Bandung Pintar, pemenuhan peralatan belajar TPA/TPQ, beasiswa yatim, dan wakaf al-quran.

“Untuk waktu dekat ini kita akan menjalankan program wakaf al-quran yaitu pembagian al-quran ke masjid-masjid dan pesantren. Al-quran yang nanti kita bagikan merupakan sebuah al-quran yang sudah memiliki terjemahan per katanya, karena kita berharap al-quran ini tidak hanya di baca saja namun juga bisa di pelajari agar bisa di amalkan,” ujar Asep Ridrid Karana, Sekretaris UPZ. 

Adapun dalam waktu dekat menghadapi bulan Ramadhan upz akan ada program tebar al-quran yang dimana program ini bertujuan untuk pembagian al-quran ke masjid-masjid ataupun pesantren.

Sedangkan program di bidang kesehatan meliputi perencanaan seperti Bandung sehat, penyediaan air bersih, dan penyediaan mck

Selanjutnya, pada bidang pemberdayaan ekonomi program yang direncanakan seperti halnya pelatihan usaha duafa, pemberian modal usaha, pendampingan usaha duafa, dan pasar digital duafa.

Terakhir, yakni program di bidang reaksi cepat dan tangkap bencana akan ada perencanaan seperti ambulans gratis, rumah singgah pasien duafa, dan bantuan kebencanaan. (mg1)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan