Resmikan Program Rutilahu, Dandim: Semoga Program Ini Dapat Dilaksanakan Terus-Menerus

SUMEDANG – Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa meresmikan program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) pada Kamis, (4/2).

Rutilahu adalah program Kementerian Sosial (Kemensos) yang bertujuan merehabilitasi rumah-rumah masyarakat fakir miskin secara bergotongroyong agar terciptanya hunian yang layak untuk ditempati.

Sementara persyaratan untuk mengajukan proposal Bantuan Sosial (Bansos) Rutilahu, berdasarkan peraturan menteri, yaitu terdata BDP, belum mendapat bantuan Rutilahu, memiliki legalitas, dan memiliki sertifikat tanah atau girik.

Adapun Rutilahu yang kini menjadi layak huni adalah milik Uus (72), bertempat di Dusun Pagadean Rt 01 Rw 04 Desa Margajaya Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang yang diresmikan pada Kamis (04/2).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Tokoh Masyarakat Kabupaten Sumedang, Umuh Muhtar, Sekdis Perkim Idi suhardi, dan Kapolsek Tanjungsari Kompol Ahmad Nurjaman.

Selain itu, terlihat juga Danramil 1004/Tanjungsari Kapten Kapten Inf Agus Hermawan, Camat Tanjungsari Ida Parida Sobandi serta Pasiter Kodim 0610/Sumedang Kapten Inf Dede Baharudin.

Kemudian turut hadir juga Panit 1 Sabhara Polsek Tanjungsari Iptu Cecep Supriatna, Kasi Trantrib Kecamatan Tanjungsari Asep Junaedi, Kepala Desa Margajaya Ruhyat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Margajaya dan warga masyarakat setempat yang turut menyaksikan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa mengatakan bahwa kegiatan Rutilahu tersebut merupakan program  pemerintah daerah Kabupaten Sumedang.

“Semoga program ini dapat dilaksanakan secara terus-menerus yang muaranya untuk memberikan rumah yang layak huni bagi rakyat miskin atau kurang mampu,” kata Zaenal usai meresmikan Rutilahu di Dusun Pagadean, Desa Margajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang pada Kamis, (4/2).

Zaenal menuturkan bahwa melalui program ini kepedulian TNI membantu warga miskin atau kurang mampu sebagai sarana dalam pemberdayaan wilayah serta mengatasi kesulitan rakyat yang terjadi di daerah dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Agar dengan dicanangkan kegiatan Bakti TNI untuk pelaksanaan renovasi ini akan semakin memberikan kontribusi langsung, terhadap peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan,” ujarnya.

Kemudian dalam kesempatannya, Uus selaku warga penerima program Rutilahu mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0610/Sumedang dan seluruh anggota TNI.

“Kepada bapak Umuh Muhtar dan Pemerintahan Daerah Kabupaten Sumedang yang sudah memabantu membuat rumah saya sehingga saya bisa merasakan rumah yang layak huni, semoga Allah membalas kebaikan bapak-bapak semuanya,” ucap Uus setelah rumahnya diresmikan dalam program Rutilahu di Dusun Pagadean, Desa Margajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang pada Kamis, (4/2). (Mg10)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan