Rencana Pemkot Bandung Membangun Tol dalam Kota

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana membangun tol dalam kota. Dalam keterangannya, Pemkot menyampaikan bahwa ada dua opsi jalur dalam pembangunan proyek Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) atau tol dalam kota yang masih dalam pembahasan Kementerian PUPR.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan dua opsi pembangunan tol itu terletak di kawasan Ujungberung, Kota Bandung. Menurutnya opsi tersebut di antaranya menghubungkan BIUTR dengan Tol Purbaleunyi, atau langsung dengan Tol Cisumdawu.

“Insya Allah BIUTR sampai ke Ujungberung lalu belok kanan (ke arah Gedebage Tol Purbaleunyi), tapi tadi ada opsi juga jadi tidak belok kanan,” kata Oded di Bandung, Jawa Barat, Kamis, (4/2).

Rencana proyek BIUTR sendiri memang sudah menjadi gagasan sejak lama yang hingga kini belum terealisasi. Adapun BIUTR sendiri merupakan tol dalam kota yang terletak sepanjang lingkar utara Kota Bandung.

Tol itu dalam rancangannya menghubungkan jalan tol dari Tol Pasteur, lalu menyusuri kawasan Pasupati, Gasibu, Ujungberung, hingga ke Tol Cileunyi.

Dalam proses pembangunan itu, menurutnya Pemkot Bandung berperan sebagai perangkat wilayah administrasi di Kota Bandung untuk mengurus masalah perizinan dan hal lainnya.

“Anggarannya dari pemerintah pusat, apakah nanti bentuknya KBPU segala macam, itu urusan mereka,” kata Oded, dilansir dari Antara.

Dengan wacana dibangunnya BIUTR itu, Oded berharap kemacetan di Kota Bandung semakin berkurang dan lalu lintas tetap lancar.

Selain itu, ia juga telah berkoordinasi dengan Direktorat Jendedal Bina Marga Kementerian PUPR terkait pembangunan sejumlah fly over di Kota Bandung.

Saat ini, menurutnya pihak Pemkot Bandung telah juga merancang pembangunan fly over di Jalan Soekarno-Hatta mulai dari Perempatan Buahbatu, hingga perempatan Ibrahim Adjie (Kiaracondong). (antara)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan