Ukur Kemampuan Berbahasa, Kemendikbud Resmi Luncurkan UKBI

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa meluncurkan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka. UKBI merupakan instrumen uji untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia penutur bahasa asing.

Peluncuran UKBI tersebut dilakukan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim secara daring di Jakarta, Jumat (29/1/2021).

“Saat ini telah dilakukan banyak inovasi dalam hal pengembangan, pembinaan, dan peningkatan fungsi bahasa Indonesia yang diharapkan dapat bermuara pada layanan profesional di bidang bahasa dan kesusastraan,” kata Nadiem dalam sambutannya.

Sebelum diluncurkan, kata Nadiem, Kemendikbud telah melakukan uji validitas dan reliabilitas setiap soal dan uji coba pada sebanyak 2.000 pembelajar Bahasa Indonesia baik penutur asli maupun asing.

“Kami yakin betul, butir-butir soal pada UKBI Adaptif Merdeka ini telah memenuhi syarat tes yang baik dan handal,” ujarnya.

Menurut Nadiem, Badan Bahasa telah melahirkan sistem UKBI daring seiring dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan melahirkan UKBI Adaptif Merdeka.

“Pengembangan UKBI adaptif merupakan bentuk keberhasilan pemerintah dalam kemajuan pengembangan bahasan dan sastra melalui lompatan dalam hal desain dan layanan uji,” imbuhnya.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Endang Aminudin Aziz menambahkan, bahwa UKBI telah mengalami banyak perkembangan, format isi dan model penyelenggaraan sejak digagas pada 1990-an.

Akan tetapi, revolusi UKBI baru terjadi dalam enam bulan terakhir yakni sejak Agustus 2020, yang mana diubah format, isi dan metode penyelenggaraannya.

“Dalam rentang tersebut, UKBI mengalami banyak perubahan mulai dari format, isi dan model penyelenggaraannya, mulai dari berbasis kertas hingga internet atau daring,” kata Aminudin.

Aminudin menjelaskan, terdapat tiga perbedaan yang mendasar antara UKBI versi sebelumnya dengan UKBI Adaptif Merdeka. Pertama, desain uji yang mana sebelumnya setiap peserta mendapatkan paket lengkap yang terdiri dari 105 soal untuk tiga sesi uji mendengarkan, merespon kaidah dan membaca yang durasinya 95 menit.

“Pada UKBI Adaptif Merdeka itu, setiap peserta mendapatkan soal yang berbeda jumlahnya dan waktunya. Hal itu bergantung pada kemampuan dan estimasi peserta oleh komputer,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan