Satgas Pangan Polda Jabar Awasi Pergerakan Mafia Daging

“Dijual dengan harga normal kita gak bisa naikin, karena pembeli juga banyak ngeluh. Otomatis ngurangin untungnya biasanya Rp 5 ribu sekarang jadi Rp 3 ribu aja, dinaikin juga gak ada yang belinya. Sekarang aja sudah sepi banget,” ungkapnya.

Ketika ditanyain mengenai aksi mogok jualan, dirinya mengungkapkan saat ini belum ada arahan dari asosiasi pedagang daging. Namun jika nantinya ada, dia mengaku siap untuk mogok.

“Ada info kalau pedagang di Ciroyom sudah demo karena naik terus, kita belum ada arahan mogok jualan, kalau ada arahan mogok semuanya, saya ikut mogok,” paparnya.

Untuk diketahui, imbas pedagang mogok jualan yang sudah terjadi di Jakarta dan sekitarnya, Indonesia akan melakukan impor sapi.

Ketua Umum Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) Asnawi mengungkapkan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) bakal memberikan izin impor sapi. Asal negaranya, Meksiko dan Australia.

Hal itu dilakukan dalam rangka stabilisasi harga daging sapi di Indonesia. Sebab, melambungnya harga komoditas tersebut membuat pedagang mogok jualan.

“Dalam stabilisasi harga dan kecukupan ketersediaan sapi siap potong, pemerintah dalam waktu dekat melalui Kementerian Perdagangan akan melakukan pemberian izin kepada para importir untuk melakukan impor sapi dari negara Meksiko dan sapi Slaugther dari Australia,” kata dia melalui keterangan tertulis.

Hal itu, berdasarkan hasil rapat koordinasi bersama Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag membahas stabilitas harga daging sapi.

Dia menerangkan stabilisasi harga mengutamakan dahulu ketersediaan pasokan daging sapi kepada masyarakat, serta hanya menjaga harga daging stabil untuk periode jangka pendek walaupun dengan level harga lebih tinggi dari periode sebelumnya.

Lanjut Asnawi, Kemendag tidak dapat memaksa pedagang tetap berjualan dengan menanggung kerugian.

“Ditjen Perdagangan Dalam Negeri, tidak bisa memaksakan pedagang mesti harus berdagang walau harus menanggung kerugian, dan juga tidak mempersalahkan jika pedagang daging sapi tidak berdagang karena itu pilihan,” pungkasnya. (mg1/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan