Jack Ma

Ada juga konglomerat yang lebih besar dari Wen Gui. Yang juga bermasalah. Tapi yang satu ini terlalu besar. Sampai memiliki perusahaan penerbangan raksasa: Hainan Airlines. Posisinya di jaringan politik juga sangat luas.

Ia meninggal di Prancis. Dua tahun lalu. Terjatuh ke jurang. Yakni saat ia lagi rekreasi di sana. Ia luar biasa kaya. Tidak punya istri. Tidak punya anak.

Namanya, Anda sudah tahu, Wang Jian. Kelahiran Tianjin.

Terlalu banyak contoh berbagai model penyelesaian masalah di kalangan businessman di Tiongkok. Yang semua contoh di atas sudah pernah saya tulis di Disway.

Lalu cara manakah yang akan dipilih Jack Ma?

Cara Fan Bingbing? Cara Guo Wen Gui? Atau cara lain lagi model Jack Ma sendiri?

Saya jadi ingat nasihat paling berharga dari Jack Ma. Di awal pandemi ini. Yang menandakan betapa bahaya pandemi kali ini. Anak atau cucu kita yang baru akan lahir tiga tahun lagi tidak akan bisa bercerita tentang hebatnya pandemi ini.

Begitu gawatnya pandemi ini sampai-sampai Jack Ma mengeluarkan fatwa seperti berikut ini: “Jangan mikir ekspansi. Bisa bertahan saja sudah harus dianggap sukses.”

Demikian juga secara pribadi: jangan terlalu banyak punya kemauan. Bisa menjaga badan tetap sehat saja sudah harus merasa sukses.

Saya merasa mendapat teguran oleh fatwa Jack Ma itu. Saya mendirikan Harian Disway justru di tengah-tengah pandemi.

Ternyata Jack Ma juga melanggar fatwanya sendiri. Ia ternyata merencanakan ekspansi yang justru terbesar dalam sejarah hidupnya. Bahkan terbesar untuk sejarah bisnis dunia. Ia mendirikan Ant Group (????).

Nama grup itu memang sangat rendah hati: Grup Semut. Bukan grup gajah. Tapi skala ekspansinya melebihi seluruh gajah bengkak yang paling bengkak sekali pun: USD 300 miliar dolar.

Bacalah Disway (Semut Raksasa-16 November). Betapa ambisiusnya Jack Ma. Ia menggabungkan semua lini bisnis di satu perusahaan. Di Ant Group itu. Bahkan dalam praktiknya semua lini bisnis itu ia kendalikan hanya dalam satu handphone yang kecil. Mulai dari bisnis bank, asuransi, penjaminan, underwriter, jasa notaris, jasa hukum, jasa logistik, jasa transfer, jasa audit….

Tinggalkan Balasan