Mayoritas Warga Kota Bandung yang Terpapar Covid-19 Adalah Kelompok Usia Produktif

BANDUNG – Mayoritas warga Kota Bandung yang terpapar covid-19 adalah warga yang beraktivitas di luar rumah.

Hal ini terbukti dengan lebih dari 50 persen penyebaran kasus covid 19 di Kota Bandung terjadi kepada kelompok usia produktif antara 20-50 tahun.

“Usia produktif ini menyumbang sebanyak 2.616 kasus dari total konfirmasi positif yang sebanyak 4.891 di Kota Bandung,” ujar Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Balai Kota Bandung, Jumat (18/12).

Dia mengimbau kepada masyarakat di usia produktif untuk meningkatkan kewaspadaannya dengan terus disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Sayangi keluarga, jaga keluarga kita,” pesan Oded.

Dia menyebutkan, saat ini, ruang isolasi di rumah sakit per kapasitasnya sudah mencapai 90.73 persen. Artinya dari 1.090 tempat tidur, sudah terisi sebanyak 989.

’’Jadi ruang isolasi terus meningkat terisi dan ini merupakan hal yang serius perlu kesadaran yang tinggi dari warga masyarakat akan disiplin menjalankan protokol kesehatan,’’ujarnya.

Untuk itu,sebagai penambahan ruangan isolasi di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) sudah menambah 22 tempat tidur pada 17 Desember 2020 dan masih memungkinan akan ada lagi tempat tidur.

Sedangkan, untuk tempat Isolasi terpusat bagi OTG yang berada di 3 Hotel. Menurut data yang ada per 17 Desember keterisian tempat sudah mencapai 100 persen.

’’Nah nanti minggu depan akan ditambah sebanyak 70 yang merupakan sumbangan dari Medco Foundation. Selain itu, Secapa TNI AD kini sedang disiapkan untuk tempat isolasi se-Bandung Raya oleh Pemprov Jabar,” kata Oded.

Oded menambahkan, kasus penyebaran covid-19 di klaster keluarga masih meningkat hingga mencapai total 104 KK dengan 275 kasus dengan kasus terbanyak terjadi di Kecamatan Sukajadi.

Sementara itu, berdasarkan data sebaran pandemi covid-19 di kota Bandung yang diperoleh dari laman Pusat Informasi Covid-19 (Pusicov)  https://covid19.bandung.go.id/ yang memuat informasi penambahan maupun pengurangan kasus setiap harinya.

Kota Bandung pada Jumat sore, 18 November 2020 mencatat jumlah total kasus terkonfirmasi di kota Bandung sejauh ini sudah mencapai angka 4.891 kasus. Konfirmasi aktif 710, konfirmasi sembuh 4.036, dan meninggal 145. (ayu/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan