Leles Kembali Diterjang Longsor

LELES – Akses jalan di Kecamatan Leles, tepatnya di Kampung Sukamulya RT 01/RW 01, Desa Sukamulya, Kecamatan Leles, kemarin (21/10) kembali tertutup longsor, kema­rin (21/10) .

Informasi yang berhasil dihimpun, longsoran tanah tersebut mengakibat­kan jalan utama tidak bisa dilalui. Aparat gabungan dari TNI/Polri tengah beruaya membua longsoran agar jalan bisa kembali dilalui.

Plt Camat Leles Acep Juandi membenarkan terjadinya longsor susulan akibat diguy­ur hujan dari sore hingga malam, yang menyebabkan jalan utama atau Jalan Ka­bupaten tidak bisa dilewati..

“Iya betul malam tadi terjadi lagi longsor, karena hujan terus. Tapi sekarang sedang dibersihkan,” kata Acep Juandi saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Acep mengatakan, alat be­rat untuk membersihkan longsoran masih ada dan kendaraan milik Provinsi be­lum dipulangkan, sehingga masih bisa digunakan.

“Untung saja masih ada kendaraan alat berat milik Pemprov Jabar, jadi bisa kita gunakan untuk membersih­kan longsoran,” ujarnya.

Sebelumnya lanjut Acep, dirinya mencoba untuk me­minta ijin terlebih dahulu ke Pjs Bupati Cianjur Dudi untuk meminta alat berat yang masih ada dan bisa di fungsikan.

“Saya langsung meng­hubungi Pjs Bupati Cianjur untuk melaporkan sekaligus meminta ijin untuk memakai alat berat milik provinsi, alhamdulillah diijinkan dan sekarang sedang dipakai,” jelasnya.

Acep berharap bencana di Kecamatan Leles ini segera bisa diselesaikan sehingga aktivitas warga tidak ter­ganggu.

Selain itu 12 titik longsoran di Desa Sukamulya pun hingga saat ini belum bisa dievakuasi.

“Longsoran sebelumnya, 12 titik di Desa Sukamulya pun belum di evakuasi,” katanya.

Menurutnya, longsoran tersebut jika tidak segera di tanggulangi bukan tidak mungkin akan berdampak bagi warga sekitar.

“Paling tidak, jika semua sudah diperbaiki maka roda perekonomian dan juga ak­tivitas wargapun tidak ter­ganggu,” tandasnya.

Anggaran

Sementara itu, Pemkab Cianjur mengalokasikan anggaran bersumber dari biaya tak terduga sebesar Rp 838.724.000,- untuk pen­anganan bencana alam yang menerpa di dua Kecamatan Cianjur Selatan.

Pjs Bupati Cianjur Dudi Sudradjat mengatakan, alokasi anggaran itu bersi­fat teknis penanggulangan dampak dari banjir bandang dan lonsgor, terutama di Ke­camatan Leles dan Agrabinta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan