oleh

Bawaslu Kab. Bandung Buka Lowongan Jadi Pengawas TPS  Syaratnya Mau di Tes SWAB

SOREANG –  Memasuki tahap kampanye, Bawaslu Kabupaten Bandung akan membentuk Pengawas di tingkat TPS atau Pengawas TPS (PTPS) pada Oktober mendatang.

Pembentukan PTPS akan merekrut setidaknya 6.873 orang pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung tahun ini.

Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia Bawaslu Kabupaten Bandung Kahpiana mengungkapkan, mekanisme serta syarat untuk menjadi Pengawas TPS ini akan berbeda dengan perekrutan sebelumnya.

’’Kami akan memberikan syarat agar Pengawas PTPS bersedia untuk dilakukan tes Swab/PCR,’’ ungkap Kahpiana saat memberikan keterangannya, Rabu (30/9).

Menurutnya, kondisi kesehatan dari para calon pengawas TPS harus diperhatikan, hal ini karena penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 digelar di tengah Pandemi Covid-19.

Selain itu, pihaknya akan  memperhatikan kondisi kesehatan calon pengawas TPS, syarat kesediaan untuk di Swab/PCR oleh Bawaslu menjadi syarat mutlak bagi calon Pengawas TPS.

’’Jika tidak bersedia maka tentu akan kami tolak,” kata Kahpiana.

Aturan ini, sesuai dengan Undang-undang 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum pada pasal 90 ayat (2) dijelaskan bahwa Pengawas TPS dibentuk paling lambat 23 hari sebelum hari pemungutan suara dan dibubarkan tujuh hari setelah pemungutan suara.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga