Warga Karangmekar Cimahi, Terdiri Ayah dan Dua Anak Dinyatakan Positif Covid-19

CIMAHI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi memastikan ada penambahan pasien positif Corona Virus Disease (Covid-19)

Hal ini terjadi usai adanya satu keluarga terpapar virus tersebut. Mereka terdiri dai ayah dan dua orang anak berusia 4 dan 7 tahun.

Mereka dinyatakan positif usai menjalani swab test secara mandiri di Rumah Sakit Borromeus, Kota Bandung.

Saat ini, keluarga asal Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi itu masih menjalani isolasi mandiri di rumahnya sebab tidak menunjukan gejala Covid-19.

“Kita baru terima laporan ada tiga orang positif, karena mereka ini kan swab test mandiri. Mereka minta rujukan karena mau dirawat di RSHS, tidak bisa dirawat kalau tidak ada rujukan,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Chanifah Listyarini, Rabu (24/6).

Laporan adanya sekeluarga terpapar Covid-19 diterima melalui Puskesmas Cimahi Tengah setelah yang berdangkutan meminta rujukan dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung.

Rini, sapaan Chanifah Listyarini mengungkapkan, kasus sekeluarga terpapar Covid-19 itu bermula ketika sang ayah melakukan swab test sebagai syarat untuk berangkat tugas ke Kalimantan.

Hasilnya, sang ayah positif terpapar virus korona. Akhirnya dia inisiatif melakukan swab test ke anggota keluarganya yang lain. Hasilnya dua anaknya positif, sementara istri dan satu anaknya yang lain negatif.

Pihaknya menjadwalkan pelaksanaan swab test ke dua untuk ketiga pasien positif tersebut setelah 10 hari terkonfirmasi positif.

“Mungkin hari ini akan diswab test yang ke dua, kita fasilitasi di Puskesmas Cimahi Tengah. Mereka ini sangat kooperatif juga dan sudah paham protokol kesehatan,” terangnya.

Sebab ada dua anak kecil yang positif Covid-19, pihaknya akan memberikan treatment khusus terutama soal pendekatan untuk menjaga psikologisnya agar tidak tertekan.

“Makanya ini tidak kita lakukan penjemputan karena bisa mempengaruhi psikologis anak-anak tersebut. Kita serahkan ke orangtuanya tapi kita pantau soal perawatannya,” tandasnya.

Dengan penambahan sekeluarga terpapar virus korona, jumlah total kasus tersebut di Kota Cimahi mencapai 97 orang. Rinciannya, 40 orang masih positif aktif, 54 orang dinyatakan sudah sembuh dan 3 orang meninggal dunia. (mg4/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan