Dorong UMKM Jabar Terapkan SNI, BSN Resmikan KLT di Bandung

BANDUNG– Badan Standardisasi Nasional (BSN) meresmikan Kantor Layanan Teknis (KLT) Bandung, Jawa Barat, yang terletak di Lantai 1 Gedung Wahana Bhakti Pos, Jalan Banda No. 30 Kota Bandung. Rabu (26/2)

Peresmian dilakukan oleh Kepala BSN Bambang Prasetya dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan dengan hadirnya KLT di Bandung, BSN dapat adanya promosi dari BSN terhadap masyarakat.
Karena, menurutnya promosi tersebut harus dilakukan dengan gencar. Sehingga masyarakat bisa mengetahui adanya BSN, terutama bagi para pelaku ekonomi.

“Kami menginginkan BSN bisa langsung melakukan promosi atau sosialisasi dengan gencar kepada masyarakat. Sehingga pelaku ekonomi UKM dan IKM bisa mengetahui adanya BSN,” kata Uu.

Sehingga dengan berdirinya KLT BSN di Bandung pun, masyarakat Bandung dan wilayah Jawa Barat akan semakin mudah untuk mendapatkan layanan standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK).

Selain itu, diharapkan jumlah pelaku usaha khususnya UMKM yang menerapkan SNI serta lembaga penilaian kesesuaian seperti laboratorium dan lembaga sertifikasi di wilayah Jawa Barat akan semakin meningkat.

Kepala BSN, Bambang Prasetya saat ditemui disela-sela peresmian menyampaikan, “mengingat luasnya wilayah Indonesia dan belum meratanya penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) di berbagai wilayah, BSN harus mendekatkan diri kepada para stakeholder di daerah untuk memenuhi kebutuhan standardisasi. Perkembangan industri dan kemajuan pembangunan di daerah melahirkan tuntutan kebutuhan pelayanan standardisasi dan penilaian kesesuaian yang lebih cepat, akurat, dan tepat serta tidak hanya terpusat di Jakarta.”

“Dengan hadirnya KLT BSN, diharapkan dapat membantu pelaku usaha di daerah untuk menerapkan SNI sehingga daya saingnya akan meningkat di pasar nasional maupun global,” kata Bambang.

Di KLT BSN ini, masyarakat dapat melakukan konsultasi mengenai sertifikasi SNI.

Bambang menambahkan, selain layanan informasi mengenai standardisasi dan penilaian kesesuaian, KLT BSN memberikan manfaat nyata melalui program pendampingan dan bimbingan penerapan SNI kepada pelaku usaha khususnya UMKM.

Selain itu, KLT BSN di Bandung juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan terkait standardisasi dan penilaian kesesuaian kepada masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan