Dorong UMKM Jabar Terapkan SNI, BSN Resmikan KLT di Bandung

Sebagai informasi, hingga saat ini, jumlah industri penerap SNI di Indonesia adalah 19.498 industri. UMKM yang telah dibina BSN sampai saat ini berjumlah 707 dan dari jumlah tersebut, yang berada di wilayah Jawa Barat berjumlah 53 UMKM.

Di Provinsi Jawa Barat juga terdapat 130 Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) yang sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Dengan adanya potensi tersebut, BSN berharap kehadiran KLT Jabar ini dapat meningkatkan daya saing ekonomi Jawa Barat dan melahirkan manusia yang berbudaya, berkualitas dan produktif untuk terwujudnya visi pemerintah Jawa Barat juara lahir batin dengan inovasi dan kolaborasi.

Sebelumnya, BSN telah meresmikan KLT di Kota Makassar, Palembang, Riau, dan Surabaya.

KLT ini merupakan langkah nyata BSN dalam mengimplementasikan Undang-Undang No. 20 Tahun 2014 terutama di Pasal 8 Ayat 2 yang menerangkan bahwa tugas dan tanggung jawab di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian dilaksanakan oleh BSN.

Di samping itu, sesuai pasal 53, dinyatakan bahwa BSN bersama dengan kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian lainnya, dan/atau pemerintah daerah bekerjasama untuk melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha dan masyarakat dalam penerapan SNI.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara BSN dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tentang pembinaan serta pengembangan standardisasi dan penilaian kesesuaian potensi unggulan daerah di Provinsi Jawa Barat.

Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan penerapan SNI di Jawa Barat untuk mundukung Jabar Juara.(*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan