Festival Ghifari Perkuat Citra SMAN 4 Bandung

BANDUNG-Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Bandung kembali menggelar Festival Ghifari. Dengan mengedepankan nuansa islami, kegiatan tersebut semakin memperkuat citra SMAN 4 Bandung sebagai sekolah religius.

Kepala SMAN 4 Bandung, Andang Segara mengatakan, festival ini merupakan upaya sekolah untuk meningkatkan kegiatan positif, khususnya di bidang keagamaan. Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya memakmurkan masjid sekolah dengan berbagai perlombaan islami, sekaligus menjaring siswa yang memiliki prestasi di berbagai bidang.

“Maka dari itu, kegiatan ini dinamakan Festival Ghifari, sesuai nama masjid SMAN 4 Bandung,” ungkapnya saat ditemui di sekolah, Jalan Gardujati No. 20, Kota Bandung, Jumat (14/2) dilansir dari disdik.jabarprov.go.id.

Selain itu, bukan tanpa alasan mengapa kegiatan tersebut dilaksanakan pada pertengahan Februari. Adang mengungkapkan, kegiatan ini untuk menghindari siswanya melakukan hal-hal tidak bermanfaat, seperti merayakan Hari Valentine.

“Bahasa Sundanya, kita ngabebenjokeun. Menghindarkan anak-anak dari hal negatif. Kegiatan ini juga bagian dari pembelajaran dan termasuk pendidikan karakter bagi siswa,” tambahnya.

Andang pun berterima kasih kepada Persatuan Alumni SMAN 4 Bandung yang telah berkontribusi menjadi donatur dalam pelaksanaan festival tahun ini.

Sementara itu, Kepala Cabang Pendidikan Wilayah VII, Endang, menghapresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan SMAN 4 Kota Bandunng.

“Acaranya diinisiasi oleh siswa-siswi SMA 4 yang tergabung dalam remaja masjid Ghifari serta didukung oleh Pasman alumni SMA 4,” kata Endang.

Terkait hari kasih sayang menurutnya, bukan hanya di tanggal 14 Februai saja, tetapi harus dilakukan setiap hari. “Kegiatan ini sudah menggambarkan sebuah kasih sayang. Kasih sayang itu harus dilakukan tiap hari. Bukan sekadar perayaan saja,” terang Endang.

Pada kesempatan yang sama juga dihelat penandatangan MoU antara Universitas Muhammadiyah dengan SMA yang ada di Kota Bandung. Hadir Kepada Disdik Jabar Dewi Sartika, sekaligus membuka Festival Ghifari tahun 2020 kemarin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan