UMB Siapkan 5.000 Beasiswa

BANDUNG-Kabar baik bagi kalian siswa kelas XII yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB) membuka program beasiswa untuk 5.000 mahasiswa baru pada tahun ajaran 2020/2021.

Sebanyak 5.000 beasiswa tersebut akan diberikan kepada seluruh siswa  menengah atas (SMA) di seluruh wilayah yang ada di Jawa Barat (Jabar) pada setiap satuan pendidikan. Nantinya, para peserta akan mendapatkan beasiswa pendidikan sebesar 50% selama 8 semester penuh.

Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Bandung, Wahyu Srigutomo menjelaskan, program beasiswa tersebut merupakan upaya UMB untuk berkontribusi dalam meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi di Jabar yang masih rendah.

“Diharapkan, UMB mampu berkontribusi dalam peningkatan APK ini yang nantinya akan meningkatkan juga kualitas hidup maupun kesejahteraan generasi muda di Jabar,” tutur Wahyu dalam Rapat Penandatanganan MoU antara UMB dengan SMA di Kota Bandung yang digelar di SMAN 4 Bandung, Jalan Gardujati nomor 20, Kota Bandung, Jumat (14/2) dilansir dari disdik.jabarprov.go.id.

Ia menuturkan, pendaftaran akan dibuka pada Maret 2020. Sedangkan mekanisme secara menyeluruh masih dalam tahap penyusunan karena masih menerima masukan dari berbagai pihak, salah satunya dari Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar. “Intinya, kita siap membantu Disdik Jabar untuk memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengenyam pendidikan tinggi,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Wahyu, guna meningkatkan kualitas pendidikan, UMB pun akan berperan sebagai mediasharing resource dalam pembinaan dan pengembangan mutu di satuan pendidikan.

Ia berharap, UMB bisa menjadi pilihan alternatif bagi siswa Jabar untuk melanjutkan pendidikan dengan warna khas UMB, yakni menciptakan lulusan islami dan menjadi technopreneur. (dsdkjbr/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan