Benteng Milik BPJS Ketenagakerjaan Timpa Masjid dan Rumah

CIMAHI – Sebuah masjid dan rumah milik Didi (70) di di Kampung Kebon Mangga, RT 04 RW 20, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi mengalami kerusakan yang cukup parah akibat terdampak longsoran benteng pada Selasa (28/1).

Benteng yang tepat berada di belakang kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cimahi itu menimpa sebuah masjid yang tepat berada di bawahnya sehingga mengalami kerusakan yang cukup parah.

Tak hanya itu, tebing yang diperkirakan setinggi 30 meter dan lebar 25 meter itu menutupi saluran air, sehingga airnya masuk ke rumah warga dengan ketinggian satu meter lebih.

Ketua RT 04, Suwanto menuturkan, sebelum terjadi longsor benteng, ia sempat melihat retakan tanah yang membuat warga khawatir. Akhirnya sekitar pukul 16.30 WIB, benteng milik BPKS Ketenagakerjaan itu benar-benar longsor.

”Kejadiannya pas beres salat Ashar. Untungnya jemaah udah pada keluar,” kata Suwanto saat ditemui di lokasi.

Dikatakannya, benteng itu mulai dibangun pihak BPJS Ketenagakerjaan sejak sebulan lalu. Namun anehnya benteng yang dimaksudkan sebagai penahan tanah itu malah dibangun dari atas.

”Ini lagi dibangun, belum beres. Tapi malah bentengnya itu malah dari bagian atas dulu dibangunnya, sementara bawahnya belum, belum ada pondasinya,” ujarnya.

Atas kejadian tersebut, pihaknya meminta pihak BPJS Ketenagakerjaan bertanggungjawab. Meski belum dihitung kerugiannya, namun diperkirakan cukup besar. Apalagi, kata dia, sejak awal rencana pembuatan bentengnya tidak seperti saat ini.

”Kita harap pihak BPJS mau tanggung jawab,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi dibantu warga masih melakukan penanganan di lokasi yang terdampak longsoran.

”Alat-alat di masjid rusak semua, termasuk di rumah juga pada rusak,” tandasnya.(mg3/ziz)

Tinggalkan Balasan