oleh

Semarak Kemah Literasi Jawa Barat 2019

BUNYI kohkol (kentungan) menandai secara resmi dimulainya kegiatan Kemah Literasi Jawa Barat (KLJB) 2019 di Bumi Perkemahan Kiara Payung Jatinangor, Sumedang, Jumat sore, 15 November 2019. Para ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) kabupaten/kota di Jawa Barat, perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang dan Balai Bahasa Jawa Barat, serta perwakilan peserta dari luar wilayah Jabar secara serempak memukul kentungan di panggung utama sebagai pembuka kegiatan yang diprakarsai oleh FTBM Jabar ini.

Ketua Pelaksana KLJB 2019, Aam Siti Aminah, di Kiara Payung mengatakan bahwa Kemah Literasi yang diselenggarakan untuk kedua kalinya ini merupakan wahana para pegiat literasi dan pengelola TBM di seluruh Indonesia untuk berkumpul, berbagi ilmu, dan berbagi pengalaman. Sementara itu, Ketua FTBM Jabar, Opik, dalam sambutannya berharap agar kegiatan Kemah Literasi dapat berdampak secara multiefek dari tujuan awal, yaitu dapat berdampak pada sisi ekonomi, sosial, pariwisata, dan  tukar budaya.

Opik menyebutkan bahwa Kemah Literasi merupakan hasil dari salah satu rekomendasi pertemuan para pegiat literasi Jawa Barat pada Kemah Literasi tahun 2017. Hasil dari pertemuan tersebut di antaranya perlu secara berkala diagendakan semacam jambore atau temu pegiat literasi dalam lingkup Jawa Barat sekaligus nasional. Akhirnya, kegiatan Kemah Literasi Jabar 2019 ini dapat digelar. “Untuk penyelenggaraan Kemah Literasi 2019 ini, panitia mendapat bantuan dari Bindiktara Dirjen PAUD Dikmas Kemendikbud RI, Pemerintah Kabupaten Sumedang, serta beberapa pihak lainnya” kata Opik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga