Semarak Kemah Literasi Jawa Barat 2019

Rangkaian materi menarik pun dipaparkan dalam KLJB 2019 di antaranya yaitu “Diskusi Manajemen Komunitas Literasi”, “Bincang Buku, Puisi, dan Musik”, “Pelatihan Menulis Cerita Anak”, Praktik-Praktik Literasi Sekolah”, “Praktik Kolaborasi Gerakan Literasi Masyarakat”, “Membaca Nyaring, Dongeng, dan Lagu dalam Gerakan Literasi”, “FGD Optimalisasi Peran TBM dalam Gerakan Literasi”, “Pentingnya Literasi Digital”, “Sastra dan Gerakan Literasi”, “Bedah Buku”, “Musik dan Gerakan Literasi”,  dan “Pelatihan Sketsa atau Aksara Sunda Kuno”. Sementara itu, narasumber yang hadir dalam KLJB 2019 di antaranya adalah Acep Iwan Saidi,  Hawe Setiawan, Fery Curtis, Maman Suherman, Ali Muakhir, Wien Muldian, Gol A Gong, Eryandi Budiman, Panji Sakti, Adew Habsta, Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemdikbud, Wakil Ketua Pelaksana GLS Kemdikbud, dan dari Dewan Perpustakaan JabaR.

Dalam KLJB 2019, Ketua PP Forum TBM, Firman Venayaksa, menganugrahi salah seorang narasumber dalam KLJB 2019, Fery Curtis, sebagai “Sahabat Literasi”. Menurut Firman, Fery Curtis layak diberikan anugerah “Sahabat Literasi” karena beliau kerap membantu FTBM dalam memperkenalkan dan mempromosikan gerakan literasi. Anugerah “Sahabat Literasi” ini merupakan anugerah yang ketiga kalinya diberikan oleh PP FTBM. Sebelumnya, PP FTBM sudah menganugerahkan “Sahabat Literasi” kepada Nowela (Artis Indonesian Idol asal Papua) saat Gerakan Indonesia Membaca di Ciamis dan Maman Suherman.

Balai Bahasa Jabar, sebagai UPT Badan Bahasa & Perbukuan, Kemdikbud,  yang aktif melaksanakan Gerakan Literasi Nasional, turut berpartisipasi dalam kegiatan KLJB 2019. Sepuluh staf Balai Bahasa Jabar ikut menjadi peserta dan pengisi acara dalam KLJB di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Sumedang.

Sampai berjumpa di Kemah Literasi berikutnya. Salam Literasi! (DS).

Tinggalkan Balasan