POPNAS 2019: Jawa Barat Cetak Sejarah Hat-trick Juara Umum

Adapun Jabar tidak mendapat medali apa pun dari dua cabor lain yang dipertandingkan di POPNAS XV/2019 yakni sepak takraw dan bola voli pasir.

“Yang jelas, perolehan 37 emas ini sungguh luar biasa. Dua hari terakhir (sebelum ditutup), kami ketinggalan dari DKI Jakarta. (Kontingen) ada yang putus asa, ada yang malah makin semangat,” tutur Engkus.

“Dan di detik-detik terakhir, jumlah emas (Jabar dan DKI Jakarta) sempat sama yaitu 36 emas. Pada akhirnya cabor dayung berhasil menjadi penentu (keunggulan),” ujarnya.

Bagi para atlet Jabar di POPNAS XV/2019 yang belum berhasil menyumbang medali, Engkus mengatakan bahwa hal itu bukanlah menjadi akhir dari segalanya. “Kegagalan harus dijadikan pembelajaran dan motivasi untuk lebih baik,” ucap Engkus.

Kepada seluruh atlet muda andalan Jabar Engkus pun berpesan agar mereka terus berlatih keras sehingga bisa menjadi atlet yang berprestasi baik di tingkat provinsi, nasional, bahkan hingga internasional.

“Setelah ini, masih ada turnamen lain yang harus ditaklukkan. Kembali ke tempat latihan atau PPLP/D (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar/Daerah), berlatihlah lebih keras,” pesan Engkus.

“Apalagi beberapa atlet akan lulus (SMA), sudah tidak bisa ikut POPNAS edisi berikutnya. Teruslah berprestasi, teruslah berlatih, teruslah berjuang demi Jabar Juara Lahir dan Batin,” katanya.

Yudha Fadillah Pratama peraih emas kata perorangan putra dan kata beregu putra sementara itu mengatakan, dirinya bangga bisa menyumbang emas sekaligus membuka keran medali bagi Jabar.

“Tentu saya senang bisa memberikan emas pertama bagi Jawa Barat. Berikutnya, saya berharap bisa mengikuti Youth Olympic Games,” ucap karateka kelahiran Depok 3 November 2002 itu.

Kebanggaan yang sama diucapkan Adellia, atlet renang asal Cimahi. Perenang gaya dada ini berhasil menyumbang tiga emas dari nomor 50 meter, 100 meter, dan 200 meter gaya dada putri sekaligus sapu bersih kemenangan dari seluruh nomor yang diikutinya.

“Cita-cita saya bisa bertanding hingga Olimpiade. Dan berikutnya semoga terus bisa memberikan kebanggaan bagi Jawa Barat,” kata Adellia yang meraih empat emas di ASEAN School Games 2019 Juli lalu itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan