Pembinaan dan Pengembangan Literasi Melalui ”SEMBASA 2019”

Sembasa 2019 yang bertema “Penelitian Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya sebagai Upaya Pembinaan dan Pengembangan Literasi” ini digelar dengan asumsi bahwa bahasa, sastra, budaya, dan pengajarannnya dapat dimanfaatkan untuk pengembangan literasi karena di dalamnya terdapat nilai-nilai luhur, kecerdasan, dan kearifan tinggi. Nilai-nilai luhur tersebut perlu digali lebih dalam agar dapat termanfaatkan untuk pembinaan, peningkatan, dan pengembangan literasi.

Seperti diketahui, Abad XXI menuntut penguasaan terhadap enam kemampuan literasi dasar, yakni baca tulis, numerasi, sains, finansial, digital, serta budaya dan kewargaan. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan berbagai upaya agar Indonesia dapat meningkatkan posisinya di mata dunia. Oleh karena itu, sebagai bangsa yang beradab dan bermartabat perlu terus menggalakkan berbagai aktivitas pengembangan literasi demi masa depan bangsa dan agar bangsa kita dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lainnya.

Secara umum, tujuan dilaksanakan Sembasa 2019 adalah untuk membina dan mengembangkan literasi melalui penelitian bahasa, sastra, budaya, dan pengajarannya. Kemudian, untuk mengali nilai-nilai budaya dan kearifan lokal dalam membina dan mengembangkan literasi. Selanjutnya, untuk memberi kontribusi bahasa dan sastra dalam membina dan mengembangkan literasi. Sembasa 2019 juga digelar untuk meningkatkan mutu penelitian bahasa, sastra, budaya, dan pengajarannya. (DS).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan