BPN Sesalkan Aksi Intimidatif

JAKARTA – Badan Peme­nangan Nasional untuk Pra­bowo Subianto-Sandiaga Uno menyesalkan sejumlah aksi penolakan terhadap calon presiden dan calon wakil pre­siden nomor urut 02 di ber­bagai daerah di Indonesia.

“Kami sangat menyesalkan dan prihatin dengan aksi itu, sebab Prabowo-Sandiaga di­ganggu dengan cara-cara yang kurang lebih intimidatif,” ujar Wakil Ketua BPN Piyo Budi Santoso, Senin (25/2).

Semisal, pada pekan lalu, Prabowo Subianto sempat mendapat sambutan dari massa yang mengatasnama­kan pendukung Jokowi di kawasan Bulak-Kenjeran, kemudian Sandiaga Uno pada akhir pekan kemarin harus membatalkan kunjung­annya di salah satu desa di Tabanan, Bali, dengan alasan sama.

Menurut PBS, sapaan akrab­nya, cara-cara yang dilakukan dengan memobilisasi massa untuk mencegah calon pre­siden dan calon wakil presiden berkunjung seharusnya tidak boleh dibiarkan. “Cara inti­midatif tidak akan laku dan publik akan melihat bahwa ini perlakuan tidak adil,” ucap sekretaris jenderal DPP Partai Berkarya tersebut.

Mantan politikus Golkar itu menambahkan, seharusnya semua daerah di negeri ini tidak boleh ada yang meng­klaim menjadi salah satu basis tertentu, bahkan pi­haknya telah diingatkan oleh Prabowo dan Sandiaga agar tak melakukan cara serupa. “Kami dilarang Prabowo mela­kukan penghadangan jika ada Pak Jokowi atau Kiai Ma’ruf berkunjung ke daerah,” kata wakil ketua DPR RI periode 2009-2014 tersebut.

Pihaknya berharap cara-cara penghadangan atau mo­bilisasi massa untuk meng­intimidasi calon presiden yang didukungnya dihentikan sehingga tidak mencederai politik dan pesta demokrasi di Tanah Air.

Selain mengkritisi masifnya gerakan penolakan kehadiran Prabowo-Sandi, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Nizar Zahro berpenda­pat, gagasan Calon Presiden RI Joko Widodo dengan dengan tiga kartu yang paparkan pada Konvensi Rakyat Optimis Indonesia Maju, Minggu (24/2) bukan hal baru.

Kartu Sembako Murah, Kartu Indonesia Pintar Ku­liah (KIP Kuliah), dan Kartu Pra-Kerja, itu hanya ganti nama dari bidik misi, raskin, dan Program Keluarga Hara­pan. Ketiganya dimulai pada era pemerintahan presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono,” terang Nizar di Jakarta, Senin (25/2).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan