PIM Dorong Minat Masyarakat Mengkomsumsi Ikan

SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung terus menyosialisasikan secara masif Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) kepada berbagai lapisan masyarakat, terutama kepada para pelajar.

Bupati Bandung Dadang M Naser mengatakan, pihaknya akan terus mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. Mengingat angka produksi ikan di Kabupaten Bandung sebanyak 32.949,2 ton dengan konsumsi ikan perkapita sebesar 20,5 kilo gram pertahun. Jumlah tersebut, jauh lebih rendah dibanding konsumsi ikan nasional sebesar 47,34 kilo gram perkapita pertahun.

Menurutnya, daya minat masyarakat untuk mengkomsusi ikan masih rendah. Oleh karena itu, dirinya berjanji akan terus menyosialisasikan pentingnya mengkomsumsi ikan kepada semua warganya.

“Mengonsumsi ikan banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan serta kecerdasan. untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat, tentunya harus dimulai dari peningkatan konsumsi ikan pada tingkatan keluarga, sekolah dan lingkungan,” jelas Dadang saat ditemui disela sela kegiatan sosialisasi Gemarikan di Baiturrahman Ciparay, kamis (21/2).

Dia menjelaskan, keluarga merupakan komponen utama dalam hal penyediaan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif. Sehinga, pemberian nutrisi dan gizi yang baik sejak dari usia dini terutama. Sejak anak dalam kandungan hingga usia balita sangat penting dan berperan besar. Karena, asupan makanan sehat dan bergizi bermanfaat untuk pertumbuhan fisik dan membentuk kecerdasan anak.

“Tahun ini kita akan meresmikan PIM (Pasar Ikan Modern) yang berlokasi di Desa Cingcin Kecamatan Soreang. Nantinya masyarakat bisa mengkonsumsi ikan segar, Ini juga bisa menjadi solusi untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Bandung,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, dengan banyak mengkomsi ikan. Selain sebagai sumber protein dan gizi, masyarakat juga akan terhindar dari penyakit degeneratif.

”Karena, daging ikan juga mengandung kadar kolesterol yang rendah. sangat baik untuk mencegah penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah dan mencegah penyakit jantung. juga kaya akan fosfor yang penting bagi sel dan metabolisme tubuh dan iodine untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik serta mental,” tuturnya

Dadang berharap peserta sosialisasi yang digelar di Baiturrahman Ciparay, yang dihadiri dari perwakilan siswa-siswi SMP dan SMA dapat menjadi pelopor gizi bagi keluarganya dan masyarakat disekitarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan