KPU Segera Distribusikan Ribuan Kotak Suara dan Jutaan Lembar Surat Suara di KBB

NGAMPRAH– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat akan segera mendistribusikan ribuan kotak suara dan jutaan lembar surat suara jelang Pemilu 17 April 2019 mendatang. Sejumlah persiapun terus dilakukan agar pelaksanaan bisa berjalan dengan baik yang meliputi 16 kecamatan dan 165 desa di Kabupaten Bandung Barat.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Barat, Adi Saputro menyebutkan, untuk kotak suara saat ini sudah tersimpan dalam kondisi aman dan tidak rusak lantaran di tempatkan di gudang khusus. Selanjutnya kotak suara tersebut akan didistribusikan nantinya dari KPU ke PPK, PPS hingga ke TPS yang ada di masing-masing RT/RW.

“Nanti kotak suara akan dikirim ke tingkat kecamatan, desa hingga wilayah terbawah (RT/RW) setempat. Untuk kotak suara yang akan kami terima itu mencapai 25.648 buah. Kami jamin kotak suara aman dan tidak rusak. Karena tempat penyimpanan juga aman termasuk pada saat nanti mendistribusikan di perjalanan kita siapkan armada yang tertutup (antisipasi hujan),” kata Adi kepada Jabar Ekspres, Senin (18/2).

Adi mengungkapkan, untuk surat suara pada Pemilu kali ini memiliki lima jenis lantaran dilaksanakan secara serentak. Pertama surat suara untuk Pilpres. Kedua untuk DPR RI. Ketiga DPRD Kabupaten Bandung Barat. Keempat DPD provinsi dan kelima untuk DPD kabupaten. “Total ada 5 jenis surat suara yang dikalikan dengan jumlah pemilih di KBB mencapai 1,2 juta orang. Jadi surat suara nanti mencapai 6 jutaan lembar,” katanya.

Adi menambahkan, rencanannya surat suara akan diterima pada 16 Maret mendatang. Pihaknya juga saat ini tengah menyiapkan petugas khusus pelipatan surat suara yang ditaksir membutuhkan antara 500 hingga 1.000 orang. “Kami juga tengah mencari petugas khusus pelipatan surat suara karena jumlahnya mencapai jutaan surat,” kata Adi seraya menyebutkan saat ini secara total kesiapan KPU Bandung Barat menghadapi Pemilu sudah mencapai angka 80 persen.

Selain persiapan distribusi kotak dan surat suara, ujar dia, pihaknya juga saat ini tengah disibukan dengan seleksi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dibutuhkan mencapai angka 35.616 orang. “Untuk rekrutmen KPPS ini dibuka serentak di setiap daerah termasuk di Bandung Barat mulai 28 Februari dan berakhir pada 27 Maret. Sekarang kita lagi proses screening. Harapannya semua bisa lancar dan aman selama proses tahapan,” tandasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan