Juaranya Pasti Si Kasep

Peserta yang lolos seleksi tahap 2 selanjutnya mengik­uti tahapan seleksi berikutnya yaitu wawancara yang juga melibatkan pihak ke-tiga un­tuk menjamin objektivitas dan profesionalismenya.Rangkaian test berlangsung hingga tahap 4.

Hal yang menjadi terobosan baru dalam sistem perekrutan kepala sekolah selain dari sisi aplikasi adalah jumlah pendaftar dari tiap sekolah tidak dibatasi. Tidak ada pem­batasan kuota jumlah pendaf­tar untuk setiap sekolah. Setiap guru yang memenuhi persyaratan seperti yang ter­tuang dalam Permendikbud no 6 Tahun 2018, dapat mendaftarkan dirinya, bahkan dapat juga didaftarkan oleh teman sejawatnya.

Kesempatan yang dibuka seluas mungkin sehingga jumlah pendaftar di setiap sekolah menunjukkan pening­katan cukup signifikan. Total jumlah pendaftar mencapai 520 pendaftar.

Apa saja keunggulan dari sistem rekrutmen kepala se­kolah dengan aplikasi Si KA­SEP? Jawabannya adalah PASTI. Profesional, Akuntabel, Sinergis, Transparan dan Inovatif. Profesional meng­gambarkan pekerjaan yang dilakukan dengan berdasar­kan pada kemampuan yang tinggi serta fokus pada kom­petensi dan keahlian. Dalam profesionalitas terkandung makna objektivitas yakni ha­nya melihat dari sisi kompe­tensi sesuai dengan tujuan seleksi. Aplikasi Si KASEP mengusung prinsip profesio­nal dalam sistem rekrutmen untuk dapat menyeleksi ke­pala sekolah yang professio­nal.

Akuntabel memiliki makna dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Hal yang dipertanggungjawabkan dari mulai input, proses se­leksi hingga outputnya.

Prinsip Sinergi dalam Si KASEP adalah kerjasama dengan para pemangku ke­pentingan. Bahkan dalam proses seleksi melibatkan pihak ketiga untuk menjaga profesionalisme, akuntabili­tas dan objektivitasnya. Ker­jasama kemitraan yang pro­duktif dan harmonis untuk mendapatkan hasil yang positif dan maksimal.

Prinsip Transparan dalam sistem seleksi Si Kasep adalah keterbukaan dan ketersedia­an informasi yang lengkap dari awal program ini dilun­curkan, saat proses pelaks­anaan seleksi hingga publi­kasi hasil dari setiap tahapan proses seleksi. Hal ini dilaku­kan untuk menghindari indi­kasi penyimpangan dalam proses seleksi baik berupa kolusi, korupsi dan nepotisme.

Aplikasi Si KASEP merupa­kan sebuah inovasi baru da­lam proses seleksi Kepala Sekolah yang diluncurkan Dinas pendidikan Kota Bandung. Dikatakan inovasi karena terkandung unsur pembaharuan dalam sistem seleksi dibandingkan yangberlaku selama ini. Inovasi mulai dari pembaharuan dari sisi prosedur seleksi, pelaksanaan yang melibatkan pihak ketiga, hingga diguna­kannya sistem daring dalam pendaftaran serta uji kompe­tensi berbasis Komputer.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan