Medsos untuk Informasi

SOREANG – Untuk mem­berikan informasi kepada masyarakat, Pemerintah Ka­bupaten (Pemkab) Bandung akan lebih mengoptimalkan fungsi media sosial (medsos). Bahkan, informasi dan pro­gram akan disebar cepat ke­pada publik.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Bandung Wawan Ah­mad Ridwan mengatakan, menghadapi era digitalisasi aparatur kewilayahan di tingkat kecamatan harus bersinergi dalam program ini. Sehingga, setiap perkembangan masy­arakat harus mengetahuinya.

Untuk menyamakan per­sepsi ini, pihaknya mengada­kan kegiatan workshop ber­sama seluruh SKPD dan aparatur yang ada di wilayah. Sehingga nantinya akan me­mahami bagaimana meng­fungsikan medsos untuk membantu menyebar luaskan informasi dengan benar.

”Kita perlu miliki pemaha­man yang sama terutama mengenai penggunaan media sosial yang sebetulnya dapat dimanfaatkan dalam penye­bar luasan program pembangu­nan Pemerintah Daerah,” kata Wawan saat di wawan­cara usai workshop Peran Kehumasan dan Pemanfaatan Medsos Dalam Penyebarlua­san Informasi Daerah di Ling­kungan Pemerintah Kabupa­ten Bandung, di Hotel Sutan Raja, Soreang, kemarin. (22/11).

Wawan menjelaskan, keha­diran medsos resmi milik pemerintah akan memiliki peran menangkal isu hoax atau berita palsu yang sering muncul dan dikonsumsi oleh masyarakat. Namun, kabar tersebut tidak memiliki sum­ber yang jelas.

Untuk itu, pemerintah dae­rah dan Satuan Kerja Perang­kat Daerah (SKPD) beserta aparat kewilayahan dari ting­kat Camat Kelurahan dan Desa memiliki peran strategis untuk membantu memberi­kan kejelasan dari beredarnya berita-berita hoax yang kerap muncul di masyarakat.

Wawan mengakui selama ini dinas-dinas dan aparatur ke wilayahan belum semuanya memanfaatkan Medsos se­hingga perlu diberikan pema­haman bahwa zaman sudah berubah sekarang era digital.

’’Mau tidak mau suka tidak suka harus terjun mengelola medsos untuk kepentingan pro­gram pemerintah,” imbuhnya.

Wawan menuturkan, untuk mekanismenya sekretaris dinas, sekretaris camat, dan sekretaris desa bertanggung jawab dalam mengolah in­formasi di instansi masing-masing dengan menjadi Pe­jabat Pengelola Informasi Daerah (PPID). Sehingga, nantinya mereka memiliki peran penting memberikan informasi.

Tinggalkan Balasan