Bentuk Rencana Aksi untuk Lansia

BANDUNG – Pemerintahan Kota Bandung terus berusaha meningkatkan kesejahteraan lansia dengan memberikan berbagai fasilitas berupa kawasan ramah lansia

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, rencana ini merupakan bagian dari aksi daerah yang memberikan perhatian khusus kepada para lansia yang ada di Kota Bandung.

Menurutnya, kawasan ramah lansia nantinya harus memiliki berbagai program khusus untuk lansia di antaranya, keagamaan untuk meningkatkan mental spiritual, kesehatan, kesempatan kerja.

Selain itu, kawasan ini harus memberikan kemudahan dalam penggunaan fasilitas sarana dan prasarana umum, trsanportasi inklusi sosial, partisipasi sosial untuk para lansia.

’’Ini yang akan kita canangkan dan kawasan ini harapannya akan berdiri diberbagai kecamatan yang ada di Kota Bandung,”jelas Yana ketika ditemui kemarin. (16/10).

Dia menyebutkan, saat ini, lansia di Bandung berjumlah sekitar 264.000 jiwa dari total penduduk Kota Bandung sejumlah 2,4 juta jiwa. Kendati begitu, usia tua bukanlah menjadi halangan untuk tetap produktif. Sehingga, dengan adanya program-program yang dicanangkan Pemkot diharapkan para lansia akan selalu bahagia.

“Usia boleh tua tapi semangat harus muda. Semangat yang muda dan tak terbatas yang menginspisari kaum muda dalam pembangunan,” ujar Yana.

Dia menilai, keberadaan lansia harus mendapat perhatian. Khususnya dari pihak keluarganya. Dengan begitu lansia akan memiliki semangat dan masih bisa diberdayakan jika mendapat perhatian.

Untuk itu, Yana yang juga sebagai Ketua Komisi Daerah Lansia Kota Bandung mengajak agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk terus bersinergi memberikan perhatian yang lebih untuk lansia.

“Mari ciptakan lansia yang mandiri dan sejahtera dan tentunya infrastruktur pendukung untuk lansia yang baik,” kata Yana.

Pihaknya akan terus mendorong agar lansia Kota Bandung bahagia lahir maupun batin dengan cara memberikan perhatian dari anak-anaknya atau keluarganya.

’’Sebetulnya menemani orang tua atau lansia mengobrol saja, itu sudah cukup, mereka akan merasakan mendapat perhatian,”ucap Yana.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Perlindungan Masyarakat Kota Bandung Dedi Supandi mengatakan, rencana aksi tersebut dalam rangka mengkoordinasikan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sejumlah pihak yang tergabung dalam Komisi Daerah Lansia. Tujuannya, memberikan pelayanan agar lansia di Kota Bandung bisa semakin sehat, sejahtera dan bahagia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan