Bantu Pelajar Pilih Jurusan Melalui Aplikasi

BANDUNG – Mahasiswa Universitas Widyatama berhasil menciptakan aplikasi sinkronisasi kemampuan untuk memilih jurusan yang tepat, berbasis android. Aplikasi ini bernama Ruang Jurusan. Aplikasi start up yang bisa membantu pelajar Indonesia untuk memilih jurusan minat pelajar.

”Aplikasi ini akan mengantarkan pelajar Indonesia agar tidak salah pilih untuk masuk jurusan,” ujar Via yang merupakan salah satu mahasiswa inisiator pencipta aplikasi ruang jurusan di Kampus Widyatama, Bandung, Selasa (31/7).

Menurutnya, aplikasi ini akan memperbaiki sumber daya manusia Indonesia agar kompeten, profesional, dan produktif dalam bidangnya. Aplikasi tersebut akan mengsinkronkan antara lain kemampuan, cara berpikir, cara menghitung, dan karakteristik pengguna, sebagaimana data atau informasi yang diinput oleh pengguna.

Via menuturkan alasannya aplikasi Ruang Jurusan dibuat karena melihat berdasarkan penelitian IDF, menunjukkan 87 persen mahasiswa di Indonesia mengalami salah jurusan.

Dia berasumsi kemungkinan mahasiswa mengalami salah jurusan karena kurangnya informasi secara detil bagaimana cara memilih jurusan sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki.

Aplikasi Ruang Rurusan sekaligus diciptakan untuk keikutsertaan mahasiswa Widyatama dalam ajang Business Plan Competition 2018 tingkat nasional yang diadakan oleh Departemen Ekonomi Kreatif PSDKU UNAIR di Banyuwangi dan berhasil menjadi juara pertama dalam kompetisi itu.

Universitas Widyatama menjadi satu-satunya Universitas Swasta yang bekompetisi di babak 5 besar, meraih juara pertama dan mengalahkan tim dari Universitas Diponegoro, Tim dari Universitas Gadjah Mada, dan 2 Tim dari Universitas Brawijaya.

”Kami bangga bisa berkompetisi dengan 150 tim dari universitas-universitas di Indonesia,” ungkap Via.

Maraknya bisnis digital memberikan peluang yang besar bagi kalangan milenial untuk mengembangkan kemampuan entrepreneur khususnya kalangan mahasiswa.

Bisnis digital kini seolah-olah mendorong kaum kreatif berbondong-bondong membuat produk yang tengah digemari mulai dari kuliner, pakaian hingga layanan jasa seperti aplikasi ruang jasa tersebut.

Universitas Widyatama sebagai salah satu Perguruan Tinggi dengan tagline ‘Friendly Campus for Future Business Pro’ ini, mendukung menghasilkan karya berbasis teknologi dan ekonomi untuk menyeimbangi era digital. (hr/azu)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan