Mahasiswa UIN Lakukan KKN

SOREANG – Untuk mempraktekan ilmu selama masih duduk di bangku kulian Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung (SGJ) melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di berbagai desa yang ada di Kabupaten Bandung.

Di desa Panundaan Kecamatan Ciwidey terdapat 42 mahasiswa yang akan melaksanakan karya baktinya bersama masyarakat desa selama satu bulan.

Kepala Desa Panundaan Asep Mamun mengatakan, keberadaaan mahasiswa ini sangat membantu masyrakat desa untuk menangani setiap permasalahan yang ada di masyarakat. Bahkan, mereka akan melakukan sistem pendampingan bersama warga.

’’Dari 42 mahasiswa yang melakukan KKN di Desa Panundaan nantinya akan dibagi beberapa kelompok dan disebar di 21 RW untuk melakukan pembelajaran nyata di wilayah,’’jelas Asep ketika ditemui kemarin. (1/8).

Dia mengatakan, keberadaan mahasiswa ini akan berdampak positif khususnya bagi warga desa dan dapat membantu peran Pemerintah Desa dalam melaksanakan program.

Untuk melaksanakan tugasnya para mahasiswa ini akan dibantu perangkat desa di antaranya membantu program pengembangan PAUD RW, Program Isbat Nikah Massal, Program Pembuatan Apotek Hidup RW, Program verifikasi factual lapangan Kalangan warga Mampu dan kurang mampu, pendampingan program keagamaan khususnya kalangan remaja dan Anak-anak, Pembinaan ADM Lembaga RW.

“Semua peserta KKN akan melakukan pembelajaran nyata dari semua program pemerintah desa panundaan. Semoga adanya KKN berdampak positif kepada masyarakat,” tuturnya

Sementara itu ditempat berbeda, Bupati Bandung H. Dadang M Naser sangat menyambut baik keberadaan ribuan mahasiswa UIN yang melaksanakan KKN di berbagai desa di Kabupaten Bandung. Sebab, selama ini Kabupaten Bandung memiliki berbagai potensi yang harus dikembangkan dengan sentuhan tangan generasi muda.

“Kabupaten Bandung itu memiliki potensi dalam bidang pertanian, peternakan, perkebunan, panas bumi, pariwisata, serta seni dan budaya,” jelas dia.

Dengan adanya KKN diharapkan akan berdampak positif khususnya bagi setipa unsur pemerintahan desa. Termasuk, mengaktifkan kembali kegiatan keagamaan khususnya dikalangan remaja.

Sementara itu, Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof. DR. H. Mahmud, M.Si mengapresiasi Bupati Bandung dengan tangan terbuka mau menerima para mahasiswa untuk melaksanakan kegian KKN.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan