Kadisdukcapil Jadi Pj Sekda

CIMAHI – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) dilantik menjadi Pejabat Seketaris Daerah (Pj Sekda) Kota Cimahi. Pengangkatan Muhamad Suryadi tersebut sesuai dengan SK Wali Kota Cimahi.

Suryadi dilantik dan disumpah jabatan sekaligus Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari Sekda definitif Muhammad Yani di Aula Gedung A Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Rabu (1/8/2018).

Sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekda, Suryadi akan menjabat sebagai Pj Sekda Kota Cimahi selama tiga bulan. Namun Jika dalam waktu tiga bulan posisi Sekda definitif belum terisi, maka otomatis akan ada perpanjangan atau harus ada pelantikan Pj Sekda kembali.

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna mengatakan, pemilihan Kadisdukcapil Kota Cimahi sebagai Pj Sekda sudah melalui mekanisme yang benar. Terutama soal kriteria yang diinginkan, seperti kemampuan, kompeten dan pengabdian kepada negara.

“Semuanya sudah sesuia mekanisme, melalui proses penelitian yang detail dari Badan Pertimbangan Jabatan dan Perangkat (Baperjakat) Kota Cimahi,” katanya, usai pelaksanaan pelantikan, kemarin. (1/8).

Ajay mengaku, pemilihan Suryadi menjadi Pj Sekda sama sekali tidak ada muatan apapun. Yang tak kalah penting, lanjut Ajay, Pj Sekda dan semua ASN di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi memiliki kemampuan luas dalam membantu pimpinan melaksanakan kebijakan.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Pengelolaan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD), Harjono menambahkan, kompetensi dan syarat yang dimiliki Suryadi sudah memenuhi untuk menjadi Pj Sekda.

“Syarat administrasinya sudah dipemuhi. Itu yang jadi pertimbangan,” katanya.

Sebelum menjadi Kadisdukcapil Kota Cimahi, Suryadi juga sempat menjabat sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahtraan Rakyat Kota Cimahi.

Sementara itu, Muhammad Suryadi mengaku sudah meminta izin Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi.

“Saya sudah izin ke Dirjen (Kemendagri). Pj Sekda ini tugas tambahan,” katanya.

Saat disinggung mengenai tugasnya selama tiga bulan ke depan, Suryadi mengakui tantangan terbesarnya ialah merealisasikan penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi tahun 2018.

“Waktunya singkat. Mudah-mudahan realisasi anggaran bisa sesuai harapan,” pungkasnya. (ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan