oleh

Siswa Dituntut Cakap dan Multi Talenta

Dia pun menjelaskan filosofi yang mendasari karakter orang Bandung, yaitu silih asih, silih asah, silih asuh, dan silih wawangi. Filosofi tersebut berasal dari nilai-nilai luhur masyarakat Sunda. Silih asih, bermakna saling menebar rasa sayang kepada sesama. Saling mengasihi dan saling peduli sebagai keluarga besar masyarakat Kota Bandung.

Sementara silih asah, berarti saling mencerdaskan, serta memperluas pengalaman lahir dan batin. Generasi muda khususnya dan umumnya warga Bandung, saling berbagi ilmu untuk kemajuan bersama. Sedangkan silih asuh, beramakna saling membimbing, mengayomi atau membina. Karakter lainnya adalah silih wawangi, yang ditunjukkan dengan sikap saling mendukung dan menumbuhkan hal-hal positif.

Baca Juga:  5 Tips Berorganisasi Sambil Tetap Berprestasi

Empat komponen

Dalam kesempatan itu, dia juga mengungkapkan tentang empat komponen dasar dalam program Bandung Masagi. Pertama, komponen relijius. Warga Kota Bandung harus memahami ajaran agamanya dengan baik, seperti halnya seorang Muslim harus bisa membaca Alquran.

”Kalau memahami ajaran agama masing-masing dengan baik, maka akan terhindar dari pemahaman radikal. Akan tercipta hubungan harmonis diantara pemeluk agama. Tidak saling ejek. Hidup berdampingan dengan saling menghargai. Alhamdulillah di Kota Bandung tidak ada pertentangan antar-agama,” tuturnya.

Baca Juga:  5 Tips Berorganisasi Sambil Tetap Berprestasi

Kedua, cinta budaya. Pemkot Bandung sudah membuat peraturan daerah yang khusus berkenaan dengan budaya Sunda. Milsanya pada setiap hari Rabu warga diwajibkan menggunakan bahasa Sunda. Perda ini sebagai upaya memelihara budaya sendiri di tengah arus budaya dunia yang terus berkembang. ”Supaya warga Kota Bandung tetap bangga dengan budayanya sendiri,” ucapnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga