oleh

Gelombang Tinggi Hantam Selatan Jawa

PANGANDARAN – Sesuai perkiraaan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak gelombang tinggi menghantam pantai Selatan Jawa kemarin (25/7). Di beberapa daerah, dilaporkan terjadi kerusakan rumah dan bangunan.

Gelombang tinggi menghantam sepanjang wilayah pesisir Pangandaran sejak Selasa malam (24/7). Ketinggian gelombang mencapai 3-4 meter.
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena mengatakan gelombang tinggi diperkirakan mencapai puncaknya pada 24-25 Juli 2018.

”Sesuai informasi dari BMKG, gelombang tinggi akan mencapai puncaknya hari ini (kemarin, Red). Untuk besok (hari ini) diprediksi juga akan terjadi namun lebih landai,” jelasnya, kemarin (25/7).

Lanjut dia, gelombang tinggi terjadi di beberapa wilayah seperti Pantai Pangandaran, Batu Hiu dan Pantai Madasari Kecamatan Cimerak. ”Namun yang terparah terjadi di kawasan Batu Hiu, dimana ombak naik hingga ke jalan raya mengakibatkan benteng penahan ombak jebol, pepohonan roboh dan warung milik warga terendam air laut,” jelasnya.

Pihaknya mengaku sudah mengeluarkan peringatan terkait ancaman gelombang tinggi tersebut kepada warga sejak 10 hari lalu. ”Kami sudah memperingatkan kepada warga khususnya yang tinggal di pesisir untuk lebih waspada, sesuai dengan informasi yang disampaikan BMKG,” jelasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga