Gelombang Tinggi Hantam Selatan Jawa

Hal itu tidak lepas dari adanya fenomena gerhana bulan cukup lama yang terjadi pada tanggal 28 Juli mendatang. “Karena kan bulan penuh. Kan mau ada gerhana bulan, itu kan nanti pasang. Itu gerhana bulan terpanjang,” imbuhnya.

Setelah gerhana bulan berlalu, BMKG memprediksi gelombang akan perlahan mulai normal. Dan diperkirakan selesai secara total pada oktober mendatang. “Setelah itu berangsur-angsur turun lagi. berakhir nanti oktober,” tuturnya.

Dwi menambahkan, gejala meningkatnya gelombang laut di pantai selatan terjadi cukup merata. bahkan, tidak hanya di pulau jawa, melainkan juga hingga pulau sumatera. Oleh karenanya, saat ini, pihaknya sudah menerbitkan surat peringatan kepada masyarakat untuk tetap waspada.

Terkait tingginya gelombang di perairan selatan Jawa, di antaranya di provinsi Jogjakarta Selasa malam (24/7) sudah diprediksi oleh BMKG. Kabag Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko menyebutkan, untuk periode 24-25 Juli, tinggi gelombang di selatan pulau Jawa memang bisa sampai sembilan meter.

Gelombang mencapai 9 meter juga berpotensi terjadi di perairan barat pulau Enggano, perairan barat Lampung, selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten, kemudian perairan selatan mulai Jawa Barat sampai Jawa Timur.

Sementara itu untuk peringatan dini tinggi gelombang periode 25-26 Juli, tinggi gelombang mulai turun. “Maksimal enam meter,” kata Hary kemarin (25/6). Gelombang setinggi enam meter tetap menyambangi perairan selatan pulau Jawa sampai perairan barat pulau Sumatera. (den/tau/far/wan)

Prakiraan Tinggi Gelombang 26 – 27 Juli 2017

26 Juli
Tinggi maksimal 6 meter
Diantaranya terjadi di : Bengulu, Lampung, Selat Sunda bagian selatan, selatan Jawa, selatan Bali sampai NTB

27 Juli
Tinggi maksimal 6 meter
Terjadi di : Perairan selatan Banten, Lampung, dan selatan Jawa

28 Juli
Tinggi maksimal 6 meter
Diantaranya terjadi di : Bengkulu, Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa

29 Juli
Tinggi maksimal 6 meter
Diantaranya terjadi di : Bengkulu, Lampung, Selatan Jawa, Selatan Bali dan NTB

30 Juli
Tinggi maksimal 6 meter
Diantaranya terjadi di : Kepulauan Nias, perairan selatan Jawa, selatan Bali hingga NTB

31 Juli
Tinggi maksimal 4 meter
Terjadi di : Bengkulu, Lampung, selatan Jawa, selatan Bali, NTB, sampai perairan pulau Sabu dan pulau Rote

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan