PPDB Siapkan 5 Jalur Sekaligus

BANDUNG – Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat mengatakan karena jalur PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tingkat SMA dan SMK sederajat tahun ajaran 2018 sampai 2019 di Jawa Barat dibagi menjadi lima jalur pendaftaran. Maka, calon peserta didik diperbolehkan mendaftar berkali-kali ke beberapa jalur pendaftaraan selama belum daftar ulang.

”Mengingat 5 jalur pendaftaran ada waktunya (dibagi), peserta bisa mendaftar ke beberapa jalur baik yang bersangkutan sudah dinyatakan lulus maupun tidak lulus selama peserta tersebut belum mendaftar ulang,” tutur Ketua PPDB Provinsi Jawa Barat sekaligus Sekretaris Dinas Pendidikan Jabar, Firman Adam di Bandung.

Pembagian lima jalur dan waktu jelas Firman, supaya bisa mengakomodir seluruh kepentingan masyarakat terutama peserta didik dan orangtuanya.

Selain itu sebagai upaya mengakomodir Peraturan Menteri Pendidikan dan Ke­budayaan No. 14 Tahun 2018 yang pada intinya tujuannya semua siswa bisa melanjutkan sekolah dan bisa merata.

”Sehingga dengan adanya aturan baru ini dengan meka­nisme pembagian jalur pendaf­taran dan waktu, diharapkan semua siswa SMP yang tahun ini atau tahun sebelumnya lulus bisa melanjutkan ke SMA, SMK atau sederajat ke sekolah yang diharapkannya,” jelasnya.

Lima jalur pendaftaran seka­ligus waktu tersebut yaitu, jalur KETM (Keluarga Ekonomi Tidak Mampu), PMG (Peng­hargaan Maslahat bagi Guru) dan ABK (Anak Berkebutuhan Khusus atau Disabilitas), WPS (Warga Penduduk Setempat), jalur prestasi atau bakat isti­mewa akademik atau non aka­demik dan jalur NHUN (Nilai Hasil Ujian Nasional).

“Jadi untuk kouta daya tam­pung diluar provinsi seba­nyak 10 persen meliputi jalur prestasi sebanyak 5 persen dan jalur NHUN sebanyak 5 persen. Sedangkan dalam provinsi 90 persen , rincinya jalur KETM 20 persen, PMG/ABK 5 persen, WPS 10 persen dan prestasi 15 persen serta NHUN 40 persen,” terangnya.

Sedangkan untuk waktu pendaftaran kata dia, jalur KETM, PMG, WPS, ABK dan Prestasi dimulai pada 4-8 Juni 2018, verifikasi/uji kompeten­sinya dari 25,26, 28 Juni. Pen­gumannya 30 Juni dan daftar ulang dimulai 2-4 Juli 2018.

“Jalur NHUN pendaftaran pada 5,6,7,9 dan 10 Juli 2018, seleksi dimulai 5,6,7,9 dan 10 Juli 2018. Seleksinya dimulai 5,6,7,9,10 Juli. Sedangkan pengumumannya di 12 Juli dan daftar ulang di 13 sampai 14 Juli 2018,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan