Hari Pertama Tanpa Kendala

”Untuk pembukaan soal betul betul diproteksi. Sehingga sebelum pada waktunya soal tidak akan bisa dibuka karena harus dengan password. Jadi tidak setiap saat orang bisa membuka soal,” ungkapnya, kemarin.

Tidak hanya itu, menurut Dikdik, soal dalam UNBK juga sifatnya variatif dan sangat banyak serta tidak terhitung. Sehingga siswa lebih baik tidak percaya kepada adanya soal jawaban yang diberikan orang tidak bertanggung jawab.

”Percayalah kepada kemapuan sendiri. Yang terbaik adalah mempersiapkan diri dengan belajar,” ujarnya.

Senada dengan Dikdik, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMK Negeri 2 Kota Cimahi Tuti Murdayani mengatakan, sebaiknya siswa peserta UNBK tidak terlalu percaya dan terbuai pada bocoran-bocoran soal maupun jawaban yang beredar di media sosial atau whatsapp. Sebab menurut Tuti, soal soal UNBK ini semuanya sudah terintegrasi dalam komputer dan penomoran soal antarsiswa pun tidak akan sama.

”Jangan sampai anak terfokus dan terlalu percaya ke soal dan kunci jawaban yang bocor,” ujarnya, di kampus SMK Negeri 2 Jalan Kamarung Kota Cimahi, kemarin.

Kendati demikian, Tuti mengaku, khusus di SMK Negeri 2 Cimahi, pihaknya tetap memperketat penggunaan ponsel oleh siswa ketika ujian. Dan pelarangan siswa membawa ponsel ke dalam area ujian tersebut sudah tercantum jelas dalam tata tertib ujian. Selain ponsel para siswa juga tidak diperkenankan membawa tas dan jaket atau sweater ke dalam kelas.

Tuti menjelaskan, khusus di SMK 2, secara keseluruhan ada 412 siswa peserta ujian. Jumlah itu terdiri dari 69 siswa jurusan Multimedia, 66 siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, 131 siswa jurusan Mekatronika, 62 siswa jurusan Animasi, dan 84 siswa jurusan Kimia Industri.

Tuti menuturkan sebelum hari H pelaksanaan UNBK, pihaknya sudah matang melakukan persiapan, termasuk sinkronisasi dengan server dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menjaga pasokan listrik.

”Dua hari sebelumnya juga sudah melakukan gladi resik. Termasuk sinkronisasi teknis, kita lihat lagi sudah aman atau belum,” tuturnya.

Saat disinggung apakah ada keluhan dari siswa lantaran pelaksanaan UNBK hanya ada jeda beberapa hari usai pelaksanaan USBN, Tuti mengaku siswa tak bermasalah dengan jadwal yang padat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan