Jiwa Pemimpin dari 15 Pemain

SIAPAKAH kapten timnas Brasil? Akan lebih mudah menebaknya apabila Canarinha masih di tangan Luiz Felipe Scolari atau Dunga. Karena, hampir 80 persen opsinya pasti jatuh ke Thiago Silva atau Neymar. Di tangan Tite, banyak pemain yang bisa dia jadikan sebagai kapten di laga-laga Brasil eranya.

Alisson contohnya, ban kapten timnas Brasil untuk kali pertama disematkan pada lengan kanannya saat melawan Rusia (23/3). Alisson pun menjadi pemain ke-15 yang dipercaya Tite di dalam hampir dua tahun rezimnya di Granja Comary, Teresopolis – kamp latihan Brasil. Seperti dilansir Bancada, ada misi penting di balik upaya Tite yang gonta-ganti kapten itu.

Ya Tite ingin jiwa kepemimpinan yang dimiliki anak asuhnya lebih merata. ”Saya senang dengan pemain-pemain yang bisa memikul tanggung jawab. Jadi kapten tak hanya kebanggaan, tapi juga membuat mereka lebih bertanggung jawab dari sisi teknis atau kedisiplinannya,” sebut pelatih 56 tahun itu.

Tite menyebut dia sudah memanen hasilnya. Pemain-pemain yang pernah dia percaya itu punya kemampuan sama baiknya antara teknis dan non teknis. Salah satunya gelandang Renato Augusto. ”Renato mampu berbicara sangat lancar secara taktikal,” ungkap Tite. Jadi kapten pun bisa mengubah perilaku pemain ke arah positif. Dia mencontohkannya pada Dani Alves.

”Dengan jadi kapten, di mana pun mereka (di klub atau timnas) maka mereka bakal lebih terbiasa menghadapi tekanan,” tambah Tite. Dari 18 laga Brasil di tangannya, Tite memberi ban kapten kepada 15 pemain berbeda, termasuk Neymar, Alisson, Thiago Silva, Renato dan Alves.

Sisanya masih ada Miranda, Marquinhos, Marcelo, Casemiro, Fernandinho, Coutinho, Willian, Filipe Luis, Paulinho, dan Robinho. Siapa kapten dini hari nanti? Tanyakan Tite! (ren/ign)

Tinggalkan Balasan