Pelayanan JKN-KIS Semakin Mudah, Ini Caranya

BANDUNG – Dalam rangka meningkatkan kemudahan akses layanan kepada Peserta JKN-KIS serta menjawab tantangan era digital dimana semuanya harus cepat dan mudah, BPJS Kesehatan telah meluncurkan Aplikasi Mobile JKN yang dapat di download di App Store dan Google Play. Peserta JKN-KIS dapat mengakses berbagai kemudahan pelayanan hanya melalui genggaman tangan.

Salah satu upaya dalam meningkatkan pemahaman masyarakat, BPJS Kesehatan Cabang Bandung gencar melakukan sosialisasi Aplikasi Mobile JKN bersamaan dengan sosialisasi Sistem Close Payment dan New E-Dabu pada hari Selasa (27/02). Dalam sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung, Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan, serta undangan 100 (seratus) Badan usaha yang ada di Wilayah Kerja BPJS Kesehatan Cabang Bandung.

“Pada Aplikasi Mobile JKN, terdapat KIS digital yang dapat dijadikan Identitas Peserta. Jadi apabila Peserta kartunya hilang, tidak harus cetak kartu fisik lagi. Kalau ingin berobat, cukup menunjukkan KIS Digital untuk memperoleh akses pelayanan Kesehatan di fasilitas kesehatan”, jelas Herman Dinata Mihardja, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung.
Selain penjelasan terkait Aplikasi Mobile JKN, dalam kesempatan yang sama juga disampaikan terkait Aplikasi New E-Dabu dan Sistem Close Payment. Aplikasi New E-Dabu bertujuan untuk membantu dan mempermudah akses pelayanan administrasi badan Usaha dalam mengelolah kepesertaan JKN-KIS segmen Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU).

Sedangkan untuk sistem Close Payment mulai diterapkan pada tanggal 1 Februari 2018. Tujuannya agar data Peserta terdaftar terkini (updated) diharapkan sesuai dengan perubahan yang terjadi di masing-masing Badan Usaha, serta pembayaran iuran sesuai dengan jumlah tagihan yang dikirimkan oleh BPJS Kesehatan.

“Hari ini kita mensosialisasikan tiga hal sekaligus yaitu terkait Aplikasi Mobile JKN, Aplikas Newi E-Dabu, dan Sistem Close Payment. Melalui sosialisasi ini kita mengajak semua Peserta untuk dapat mengakses kemudahan-kemudahan yang ada tanpa harus datang ke Kantor Cabang”, jelas Ika Kartika, Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Bandung.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan kegiatan download Aplikasi Mobile JKN secara bersama-sama bagi semua undangan/perwakilan Badan Usaha yang belum mengunduh aplikasi tersebut serta penyampaian tutorial Aplikasi Mobile JKN. Kegiatan sosialisasi tersebut akan dilanjutkan pelaksanaannya pada hari Rabu, 28/02. (rm)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan