Awal 2018, Pusat Akan Benahi Citarum

BANDUNG – Presiden Joko Widodo menegaskan, sungai Citarum perlu mendapatkan perhatian khusus dan menyeluruh dari pemerintah. Atas dasar itu, Jokowi menyebut pada pertengahan Januari 2018, pihaknya akan memulai revitalisasi Citarum secara menyeluruh mulai dari hulu hingga ke hilir.

”Dari informasi yang saya terima, data yang saya terima. Betul, sungai Citarum sudah menjadi sungai yang sangat kotor, polusi dari pabrik masuk semua ke sana. Saya juga mendapatkan informasi, beberapa bakteri sudah muncul di sana,” ungkap Jokowi di Resepsi Puncak HUT Angkatan Muda Siliwangi (AMS) ke-51, di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, kemarin  (28/12).

Jokowi pun mengatakan, pembenahan juga akan dilakukan di  anak-anak sungai Citarum, terutama yang teraliri limbah pabrik.

Tak ingin pencemaran Citarum terus berlanjut, Jokowi bertekad agar Citarum bisa kembali bersih dan lestari seperti zaman dahulu kala. Sebab, dia menyadari Citarum memiliki peranan besar untuk kehidupan masyarakat.

”Ini tidak baik untuk pertanian di hulu dan hilir. Kemudian juga tidak bagus untuk penduduk yang memanfatkan Citarum untuk air bersih, terutama penduduk yang ada di Jakarta. Ini karena mengambil airnya hampir seluruhnya dari sungai Citarum,” katanya.

Oleh sebab itu, Jokowi memastikan revitalisasi besar-besaran terhadap sungai Citarum agar segera digalakkan. ”Insya Allah pertengahan Januari ini, baik berupa rehabilitasi lahan yang berada di hulu maupun hal-hal yang berkaitan dengan anak sungai, juga limbah yang berasal dari pabrik-pabrik,” tandasnya.

”Semuanya akan kita lihat menyeluruh karena kita ingin sungai ini betul-betul bermanfaat bermanfaat bagi pertanian dan air baku di Jawa Barat. Sehingga Citarum bisa kembali ke sungai zaman dulu kala yang bersih,” sambungnya.

Di bagian lain, Jokowi juga menggarisbawahi pembangunan infrastuktur seperti bandara dan jalan tol di Jawa Barat. Menurut dia, pembangunan tersebut akan berdampak positif dalam mendorong perekonomian di daerah maupun nasional.

Menurutnya, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang saat ini dalam proses pembangunan adalah bandara yang terbilang besar dan akan bermanfaat bagi mobilitas warga Jawa Barat.

”Insya Allah Kertajati akan kita selesaikan dan kita pakai. Saya harapkan betul-betul akan menggerakkan ekonomi,” ujar Jokowi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan