Amankan Natal, Jibom Polda Jabar Mulai Sisir Gereja

CIMAHI- Untuk menciptakan kondusifitas dan memberikan keamanan serta kenyamanan bagi umat nasrani yang akan menjalankan ibadah Natal 2017, Polres Cimahi melakukan sterilisasi dan penyisiran terhadap Gereja yang ada di wilayah hukumnya yaitu wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengatakan, pihaknya melakukan penyisiran terhadap 65 Gereja dengan melibatkan unit Jibom Brimob Polda Jabar, dengan menyisir setiap tempat yang dicurigai menjadi potensi penyimpanan bahan peledak dan barang berbahaya lainnya.

“Setelah kita sisir semua lokasi bisa dinyatakan aman. Kami juga memeriksa kelengkapan keamanan lainnya seperti CCTV,” katanya, usai meninjau pelaksanaan sterilisasi di Gereja Santo Ignatius Kota Cimahi Jalan Raya Baros, Minggu (23/12).

Menurut Rusdy, pihaknya menurunkan sebanyak 20 petugas yang bersiaga mulai hari ini (Minggu 23 Desember 2017). Mereka bergabung dengan peesonil pengamanan dari pihak Gereja.

“Dengan adanya petugas keamanan, kami berharap saudara kita yang sedang menjalankan ibadah akan merasa nyaman sehingga jemaat bisa khidmat saat merayakan Natal 2017,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Natal 2017 Gereja Santo Ignatius Kota Cimahi Yosef agus Supriatno menjelaskan, pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatu terkait perayaan Natal 2017 ini. Dari pemasangan tenda hingga pemasangan ribuan kursi tambahan.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mempersiapkan Pengamanan internal dengan melibatkan puluhan orang dan sejumlah tukang parkir agar lalu lintas jalan baros tetap lancar.

“Kapasitas gereja kami mencapai dua ribu sampai empat ribu jemaat, pengamanan internal disiapkan 30 orang, kemudian petugas Parkir,”katanya.

Yosef memaparkan, untuk jadwal Natal 2017 ini, misa akan dimulai Minggu 24 Desember 2017 mulai jam 17.00 WIB dipimpin Pastor Paroki Bekatmo. Dilanjutkan misa kedua jam 20.00 WIB dipimpin Pastor Uus Doni sementara Hari Natal 25 Desember 2017 misa Natal dipimpin Pastor Robert Hia.

“Tema Natal tahun ini ‘sukacita dalam berbelas kasih’, persiapan sudah 90 persen dan kami berharap penyelenggaraan Natal berlangsung Aman dan Khidmat,”pungkasnya.

Laporan: Nur Aziz

Tinggalkan Balasan