Gubernur Sigap Bencana

Menurut Guntoro, pemerintah sudah mengeluarkan larangan untuk mengoperasikan jembatan Cipamingkis selama proses perbaikan. Untuk sementara pemerintah menyediakan penyewaan rakit bambu agar penduduk bisa menyeberangi sungai. Sedangkan untuk kendaraan sudah disediakan jalan alternatif.

Kesigapan lain ditunjukkan Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik, yang saat itu mengalihkan kendaraan dari Cileungsi menuju Cianjur diarahkan melalui Cibucil, kemudian ke Cibarusah. ”Di Cibarusah nanti masuk ke jalan kabupaten menuju Rawabogo sepanjang 11 kilometer, lalu ke Cariu, Cibeet, Cianjur, Ciranjang,” urainya.

Dedi Taufik menambahkan, pengalihan arus lalu lintas sementara sudah dilakukan sejak kejadian. Yaitu dari arah Cileungsi menuju Cariu/Cianjur melalui Cibucil-Cibarusah-Jagatamu- Cariu dan sebaliknya. Jembatan Cipamingkis saat ini dapat dilalui hanya untuk kendaraan kecil. Akibat yang ditimbulkan, menurut laporan, terputusnya akses jalan antara Jonggol – Cianjur.  Namun dalam peristiwa tersebut, tidak terdapat korban jiwa.  (adv/AFN/MSU/rie)

Tinggalkan Balasan