Emil Resmi Didukung PPP

jabarekspres.com, Jakarta – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi mendeklarasikan dukungan untuk bakal calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Kantor DPP PPP Tebet, Jakarta Selatan, hari ini (24/10). Pengukuhan dukungan tersebut termasuk pemberian surat keputusan (SK) dukungan.

Dukungan PPP membuat pria yang akrab disapa Kang Emil itu resmi mengantongi tiket ke Pilgub Jabar 2018.

Sebelum diusung PPP, Ridwan Kamil sudah mengantongi dukungan dari NasDem dan PKB. Sumbangan kursi DPRD dari dua partai itu berjumlah 12 kursi. Sedangkan syarat agar parpol/gabungan parpol bisa mengusung calon adalah memiliki minimal 20 kursi di DPRD Jabar.

Dengan dukungan PPP, otomatis semakin melengkapi perjalanan pria yang akrab disapa Kang Emil itu menuju Pilgub Jabar 2018. Sebab, PPP memiliki sembilan kursi. Praktis, dukungan yang dikantongi Emil menjadi 21 kursi atau melebihi persyaratan.

Dengan dukungan PPP, Emil menjadi satu-satunya bakal cagub Jabar 2018 yang sudah mengantongi tiket. Dengan jumlah kursi yang dimiliki, Emil pun belum punya lawan.

Sebelumnya, Kang Emil sempat akan didukung Golkar yang sudah mengeluarkan surat keputusan mengusung Wali Kota Bandung itu. Kendati demikian, belakangan surat tersebut disebut bodong.

Kini, setelah mengantongi tiket, pekerjaan rumah selanjutnya adalah mencari bakal cawagub pendamping. PPP mengajukan dua kadernya, Asep Ahmad Maoshul Affandy dan Uu Ruhzanul Ulum.

Menyikapi dukungan pada Emil, PPP langsung mengundang Ridwan Kamil dalam pengumuman resmi pengusungan cagub Pilgub Jabar, hari ini. Hal itu menindaklanjuti pertemuan Ridwan Kamil dengan pimpinan DPP PPP, Minggu lalu (22/10).

”Iya (RK, Ridwan Kamil) datang. Sore atau sekitar jam 6 sore di DPP (DPP PPP di Tebet, Jaksel),” ujar Waketum PPP Arwani Thomafi kemarin (23/10).

PPP sendiri mensyaratkan cawagub dari internal partai kepada Ridwan Kamil. Meski demikian, kata Arwani, sosok cawagub memang diserahkan sepenuhnya kepada Emil.

”Kalau partai pengusung RK, yang sudah dalam posisi firm, confirmed, PKB dan NasDem. Kedua partai ini prinsipnya menyerahkan pada RK. Ada dua nama cawagub PPP (Asep Maoshul dan Uu Ruhzanul Ulum). Tidak ada masalah, welcome,” tutur dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan