PUPR Perbanyak Sumber Air Buatan

Sementara itu, Guru Besar Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor Prof Hariadi Kartodihardjo menjelaskan, salah satu bentuk perusakan lingkungan di Jawa adalah alih fungsi lahan. ’’Saat ini, alih fungsi lahan sudah sangat ma­sif,’’ terangnya kepada Jawa Pos (Jabar Ekspres Group).

Sementara itu, untuk men­dukung ketahanan air dan pangan, Kementerian Peker­jaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengejar pembangunan bendungan. Menteri PUPR Basuki Hadi­muljono mengatakan, hingga 2019 nanti, setidaknya ada 65 bendungan yang rampung. ”Itu meliputi 16 bendungan yang belum selesai dan 49 bendun­gan baru,” tuturnya.

Dia menjelaskan, hingga 2016 sudah ada tujuh bendungan yang selesai dibangun. Yakni Bendungan Rajui Aceh, Ben­dungan Jatigede Sumedang, Bendungan Bajulmati Bany­uwangi, Bendungan Nipah Madura, Bendungan Titab Bali, Bendungan Paya Seu­nara Sabang, dan Bendungan Teritip Balikpapan. Sementara itu, pada 2017 ditargetkan ada tambahan beberapa bendun­gan baru seperti Bendungan Raknamo di Kupang, Bendun­gan Tanju NTB, dan Bendun­gan Mila NTB.

Pada 2017 juga akan dibangun sembilan bendungan baru . Yaitu Bendungan Rukoh di Aceh, Way Apu di Maluku, Baliem di Papua, Lausimeme di Suma­tera Utara, Sidan di Bali, Pamuk­kulu di Sulawesi Selatan, Ko­mering II di Sumatera Selatan, Bener di Jawa Tengah, dan Bendungan Temef di NTT.

Selain membangun bendun­gan, Kementerian PUPR juga membangun embung. Di Madura misalnya, Kemente­rian PUPR berencana membangun beberapa embung. Yaitu Embung Cangkerman, Embung Samiran di Pameka­san, Embung Batolebar di Sampang, dan Embung Air Baku Poja Parsanga di Sume­nep serta pengamanan Pan­tai Slopeng di Sumenep.

Tahun depan, Kementerian PUPR akan membangun lebih banyak lagi bendungan. Ang­garan yang diberikan kepada Kementerian PUPR akan di­alokasikan untuk pembangu­nan 47 bendungan, dengan komposisi 11 bendungan baru dan 36 bendungan yang mer­upakan lanjutan pekerjaan tahun sebelumnya (on-go­ing). Sebanyak 54 embung baru juga akan dibangun. (tau/byu/and/jun/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan