Khidmatnya Kurban di Jabar

jabarekspres,.com, SUKABUMI – Hari Raya Idul Adha atau disebut juga Lebaran Haji 1438 H ini menjadi istimewa khususnya bagi warga Sukabumi. Orang nomor satu Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berlebaran di Kota Mochi yang juga menjadi kampung halaman Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Ribuan masyarakat Kota Sukabumi berbondong-bondong datang ke Lapang Merdeka, Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Sukabumi, pada Jumat pagi (1/9) untuk melaksanakan salat Idul Adha sekaligus bersilaturahim bersama Jokowi dan Ahmad Heryawan.

Bertindak sebagai Imam Salat Id yaitu Imam Masjid Agung Kota Sukabumi sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren Jamiatul Quro Cikondang, Kabupaten Sukabumi, KH. Mahfud Ghozali. Sementara khutbah disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi, KH Deddy Ismatullah.

Ti leuleutik Lebaran di Sukabumi wae (dari kecil saya sudah Lebaran di Sukabumi). Pulang kampung ya,” ujar pria yang akrab disapa Aher itu salat Id.

Alhamdulillah kita senang. Lebih senang lagi karena memang Pak Presiden datang ke sini. Saya kemarin bilang (kepada Presiden) Bapak ke kampung halaman saya. Dia (Presiden) kaget juga kalau saya dari Sukabumi. Alhamdulillah,” lanjutnya.

Aher pun memaknai Idul Adha sebagai momentum bagi masyarakat, khususnya generasi muda agar bisa meneladani Keluarga Nabi Ibrahim AS dan Siti Hajar, juga sosok Nabi Ismail AS. Keluarga Ibrahim kata Aher, menjadi keluarga dengan pola ketahanan keluarga yang kokoh dan sangat baik, sehingga ada keharmonisan antara keluarga dan anak.

”Kemudian mampu menghadirkan pendidikan anak yang sangat baik. Dan hasil generasi yang dididik, yaitu Ismail Alaihissalam yang siap berkorban untuk kepentingan masa depan yang lebih baik,” tutur Aher.

Usai salat Idul Adha, Presiden Jokowi kemudian menyerahkan satu ekor sapi jenis Limosin seberat 1,2 ton kepada Panitia kurban Masjid Agung Kota Sukabumi. ”Dengan mengucap bismillah hirrahmaan nirrahiim dan atas ridho Allah SWT, saya serahkan hewan kurban berupa sapi untuk disembelih. Kemudian dagingnya dibagikan seuai dengan tuntunan syariah,” kata Jokowi.

Kemudian Jokowi melanjutkan penyerahan hewan kurban lainnya untuk warga di Lapangan Eks PT Uninga Kota Paris Timur RT 06/RW 01 Kelurahan Kebonjati, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, juga kepada warga Kampung Tipar Gang Amarta, Kelurahan Citamiang, Kecamatan Tipar, Kota Sukabumi. Masing-masing satu ekor sapi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan