Daerah Senang Dapat Kouta Haji Tambahan, Jangan Terbuai Janji Calo

jabarekspres.com, BANDUNG – Calon jamaah haji diimbau tidak tergiur dengan iming-iming onkum yang bisa menjanjikan mempercepat keberangkatan haji. Meski dengan tambahan biaya, tidak mungkin ada orang yang bisa mempercepat keberangkatan haji.

”Tidak ada orang yang bisa menjamin. Sebab, sistem tidak memungkinkan,” ujar Kepala Kementerian Agama Kota Cimahi, Cece Hidayat, di sela kegiatan Manasik Haji Masal tingkat Kota Cimahi di Masjid Agung Kota Cimahi, Jalan Kaum No 2, Kota Cimahi, kemarin (6/7).

Tidak hanya berhaji, Cece juga mengingatkan kepada semua masyarakat untuk tidak sembarangan mendaftar atau ikut perjalanan ibadah umrah kepada perusahaan atau travel. Sebab, banyak perusahaan atau travel yang tidak berizin. ”Harus ada jaminan dari mereka, baik masalah tiket, penginapan dan yang lainnya,” tegas Cece.

Sedangkan untuk  persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1438 H/2017 di wilayah Kota Cimahi, Cece mengaku sudah mencapai 100 persen. Tinggal menunggu keberangkatan pada 1 sampai 22 Agustus mendatang.

”Semuanya sudah siap, termasuk dokumen. Untuk visa kita sudah koordinasi dengan pusat. Tinggal menunggu jadwal keberangkatannya saja,” bebernya.

Cece menjelaskan, untuk calon jemaah haji Kota Cimahi di 2017 berjumlah 557 orang. Teknis keberangkatannya terbagi dua gelombang. Untuk gelombang pertama, akan berangkat di kloter 15 pada 1 Agustus dan gelombang kedua, pada 22 Agustus di kloter 84.

”Kloter pertama sebanyak 209 orang. Sisanya yang 348 di kloter kedua. Alhamdulillah tahun ini tidak ada yang gagal berangkat. Kalau pun gagal tahun ini, bisa ikut tahun berikutnya,” ujar Cece.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Cimahi Sudiarto mengatakan, animo masyarakat Cimahi yang akan menunaikan ibadah haji cukup banyak setiap tahunnya. Sehingga dengan adanya penambahan kuota haji bisa mengurangi  daftar tunggu haji, khususnya di Kota Cimahi. ”Sekarang kan jatah kuota haji ditambah lagi. Sehingga ada pengurangan menunggu selama dua tahun,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang M. Naser mengatakan kuota jemaah haji untuk Kabupaten Bandung bertambah tahun 2017. Hal tersebut dikatakan pada saat  peresmian pembinaan manasik masal pertama calon Jemaah haji Kabupaten Bandung tahun 1438 H/ 2017 yang digelar di Mesjid Al- Fathu Soreang, kemarin (6/7).

Tinggalkan Balasan