TNI Backing Narkoba Terancam Dipecat

Dalam acara sosialisasi P4GN ini juga pihak Kodim melakukan tes urine terhadap 570 anggotanya.

Ia mengatakan, tes urine ini dilakukan sebagi efek jera dan sock terapi kepada para anggotanya. Dan apabila dalam hasil tes urine tersebut ada anggotanya yang positif menggunakan narkoba, maka pihaknya akan mendalami serya akan melakikan cek di laboratorium apakah anggota tersebut memang benar menggunakan narkoba atau karena konsumsi obat saat ia sakit.

“570 anggota ini semuanya akan melakukan tes, kami berterimakasih kepada pihak BNN yang sudah membantu menyediakan alat tesnya sehingga terlaksana tes urine ini,” katanya.

Dalam palaksanaan acara ini juga dibuat semacam nota kesepahaman antara Kodim 0609 dengan BNNK Kota Cimahi untuk bersama-sama memerangi narkoba dengan tujuan memagari, mensosialisai dan mencegah anggota TNI khususnya Kodim terlibat narkoba.

Terkait dengan MoU dengan BNNK Cimahi, Andre menjelaskan, pihak Kodim akan mensosialisasikan kepada warga tentang bahaya narkoba. Sebagai aparat kewilayahan yang sangat berbaur dengan masyarakat, Kodim yang memiliki koramil dan didalam koramil ada babinsa yang setiap harinya bertugas membina masyarakat desa. Diharapkan pada saat mereka para babinsa melakukan komunikasi sosial, melaksanakan ibadah bersama dan pada saat mereka ngobrol santai dengan masyarakat, mereka bisa menyampaikan langsung tentang bahaya narkoba.

Dengan nota kesepahaman ini pula mereka para babinsa bisa dibekali dengan pengetahuan tentang narkoba, baik bentuk dari narkoba tersebut atau pun dampak yang akan diterima oleh para pengguna narkoba. Sehingga para babinsa ini memiliki kemampuan untuk menyampaikannya kepada masyarakat.

”Kami juga selaku aparat kodim dan juga BNNK Cimahi akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Kami akan membuat waktu khusus termasuk ke kecamatan -kecamatan setiap senin di minggu pertama danramil akan menjadi pembina upacara dengan amanat yang disampaikan berupa pengarahan kepada para pelajar tentang bahaya narkoba,” jelasnya.

Sementara Kepala BNNK Kota Cimahi Odang Masdar mengungkapkan, pihaknya sebagai BNN berkewajiban menggerakan semua komponen yang ada, termasuk didalamnya instansi pemerintah. Menurutnya,  pihak BNNK Cimahi memilih TNI khususnya Kodim 0609 adalah suatu langkah yang tepat karena kodim sebagai aparat pemerintah memiliki anggota yang sampai kedaerah. Sehingga dengan keterbatasan anggaran dan SDM BNNK Kota Cimahi, kerjasama ini akan menambah kepanjangan tangan BNNK Cimahi dalam pemberantasan narkoba.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan