83 Pendonor Darah Dapat Penghargaan dari Presiden

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Sebanyak 83 pendonor Darang Kota Bandung akan menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial dari presiden Joko Widodo pada 19 Februari mendatang. Penghargaan ini bagi sukarelawan yang telah 100 kali mendonorkan darahnya ke PMI.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pun menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada para pendonor atas kesukarelaannya menyumbangkan darah bagi kemanusiaan. Dia mendoakan para pendonor agar diberi kesehatan dan umur yang panjang.

”Sungguh luar biasa. Saya doakan bapak-ibu panjang umur dan terus memberikan amal kebaikan dengan memberikan transfusi darah pada yang membutuhkan,” ucap Ridwan saat pelepasan di Pendopo Kota Bandung belum lama ini.

Dia juga memuji kinerja PMI Kota Bandung yang telah sukses melampaui target-target yang telah ditetapkan serta menjadi organisasi yang berprestasi. Dia lantas mengamanatkan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas darahnya.

Terlebih lagi, Emil -sapaan Ridwan Kamil- memahami bahwa PMI Kota Bandung tidak hanya melayani kebutuhan darah di Kota Bandung tetapi juga hampir ke seluruh wilayah Priangan. Maka dari itu, konsistensi kualitas dan kuantitas pelayanan darah harus tetap dijaga.

”Idealnya, dengan arahan dan bimbingan pemerintah provinsi, yang lain sebaik dan seprofesional di Kota Bandung. Tapi kalau belum, wayahna Kota Bandung menjadi kakak asuh yang membimbing dan melayani kegiatan di Priangan,” tuturnya.

Dia juga menitipkan agar PMI tidak hanya bergerak di bidang pelayanan kebutuhan darah saja. Dia ingin agar PMI Kota Bandung bisa menjadi institusi terdepan yang menangani masalah kebencanaan.

”Jadi suatu hari jika ada kebencanaan, yang pertama kali diingat masyarakat idealnya adalah PMI, di mana peralatan dan kelengkapan kesehatannya memadai dan setiap tahun kita sempurnakan,” katanya.

Berdasarkan laporan dari Ketua PMI Kota Bandung Ade Koesyanto, sampai dengan tahun ini, terdapat 129.321 kantong darah yang didonasikan. Jumlah tersebut berasal dari 83.000 donor aktif. Sementara itu, yang telah menerima anugerah pendonor 100 kali di tingkat Kota Bandung sebesar 850 orang.

Pada kegiatan tersebut, Emil turut didampingi oleh Ketua TP PKK Kota Bandung Atalia Ridwan Kamil yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Bulan Dana PMI Kota Bandung selama tiga tahun berturut-tutut. Ade mengatakan, di bawah koordinasi Atalia, target Bulan Dana PMI selalu terpenuhi setiap tahunnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan