Target Biayai 550 Ribu Unit

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan realisasi subsidi bantuan uang muka (SBUM) 2017 bisa digunakan untuk 550 ribu unit rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan alokasi anggaran Rp 2,2 triliun. Artinya, setiap rumah mendapatkan bantuan uang muka Rp 4 juta. Alokasi anggaran tersebut melonjak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

”Tahun lalu pemerintah mengalokasikan dana Rp 1,2 triliun untuk 306 ribu unit rumah MBR. Sekarang naik Rp 1 triliun. Jumlah rumahnya pun bertambah lebih dari 200 ribu unit,” kata Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Maurin Sitorus kemarin.

Kementerian PUPR cukup percaya diri menggelontorkan banyak dana untuk merealisasikan program SBUM. Padahal, jika dilihat, anggaran untuk program SBUM tahun lalu tidak terserap habis. Maurin menjelaskan, secara perhitungan kasar, tidak semua dana tersebut terserap. Namun, untuk detailnya, dia masih belum punya data. ”Itu biasanya baru ada pertengahan tahun. Sekarang ini sedang dikerjakan,” terangnya.

Kendati dana sebelumnya tidak terserap habis, berdasar rapat pelaksanaan bantuan pembiayaan perumahan bagi MBR, pemerintah memutuskan untuk menaikkan anggaran. Ada beberapa pertimbangan yang melandasi kenaikan anggaran tersebut. Yang utama, melihat tren yang sedang berlangsung di masyarakat, Kementerian PUPR memperkirakan demand untuk membeli rumah sangat tinggi pada 2017. (and/c9/oki/rie)

Tinggalkan Balasan