Mengemas Pembangunan Cimahi Sepanjang 2016

Di samping itu, untuk mengurai kemacetan di sekitar wilayah Cimahi tengah saat ini sedang dalam proses pengerjaan flyover yang menghubungkan wilayah Padasuka ke arah Contong.

Selain untuk mengurai kemacetan, diharapkan pembangunan flyover ini akan menutup akses liar di perlintasan kereta api, karena sangat berbahaya apabila dilalui oleh para pengguna jalan. Sampai dengan saat ini, pengerjaan sudah mencapai 84 persen. Namun demikian, untuk sementara, dihentikan karena menghadapi angkutan Natal dan Tahun Baru.

”Adapun bidang pelayanan publik, sepanjang 2016 ini Cimahi telah membuktikan dedikasinya dalam inovasi pelayanan publik. Seperti, SIM Puskesmas, Pengelolaan Sampah (Simbah), pengembangan ekonomi lokal (PEL), program RW tuntas, serta aplikasi E-Reporting,” sebutnya.

Aplikasi ini sebagai penyokong dalam mengelola perencanaan, realisasi dan pelaporan kegiatan  yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. E-reporting ini terintegrasi dengan SIPKD, Simpeg, LKPP dan terkoneksi dengan Dashboard Executive. Sehingga pimpinan di pemerintahan bisa mendapatkan gambaran terhadap kondisi kekinian di lingkungan Pemerintah Kota.

Atas semua inovasi ini, pemkot Cimahi mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), berupa Penghargaan SINOVIK (Sistem Inovasi Pelayanan Publik) yang diserahkan oleh Menteri PAN dan RB.

Berdasarkan data pada Dinas Pekerjaan Umum, hingga Desember 2016 ini, telah melakukan perbaikan jalan Kota sepanjang 30 kilometer. Dari total jalan milik kota yang panjangnya mencapai 105 kilometer. Khusus Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Cimahi pengerjaan jalan pada tahun anggaran 2016 bisa selesai tepat waktu.

Sementara itu, untuk drainase, tahun 2016 ini, pemeliharaan drainase mencapai 3.162,6 meter. Sedangkan untuk rehabilitasi dan pembangunan mencapai 2.477 meter. Untuk spesifikasi, mayoritas drainase yang dipasang memiliki lebar 50-60 cm. Ini sudah terintegrasi dengan yang lainnya, seperti PDAM dan PLN. Hal ini sebagai upaya mengurangi resiko terjadinya genangan atau banjir yang terjadi pada saat curah hujan tinggi pada titik titik tertentu.

Di bidang kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, Kota Cimahi telah membuktikan dedikasinya dalam hal peningkatan peran wanita dengan menggondol prestasi tingkat Jawa Barat melalui program P2WKSS yang diwakili kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan