Berlibur sekaligus Belajar di Museum Geologi Bandung

Liburan panjang akhir tahun memang menjadi momentum pas bagi keluarga untuk berekreasi. Berbagai macam destinasi wisata pun dipilih guna menambah keseruan momentum tersebut.

GUGUN GUNAWAN-JOB, Cibeunying

UNTUK menikmati masa libur sekolah dan akhir tahun, tidak ada salahnya memilih tempat yang menyajikan edukasi. Seperti mengunjungi sebuah Museum.

Museum Geologi yang berada di Jalan Dipenogoro, Kota Bandung, bisa menjadi salah satu opsi favorit. Museum Geologi di Bandung ini memang menawarkan beberapa ruangan bagi pengunjung. Mulai dari ruang Sejarah Kehidupan, Geologi Indonesia, Sumber Daya Geologi, serta Manfaat dan Bencana Geologi.

Dari setiap ruangan tersebut, pengunjung disuguhkan dengan berbagai ilmu pengetahuan tentang fenomena di bumi dan jejak-jejak di dalamnya. Selain itu, ada juga taman koleksi yang terdiri dari berbagai koleksi batuan dan fosil kayu langka. Serta arena bermain pasir bagi anak-anak.

Setidaknya, menjelang pergantian tahun, lonjakan pengunjung di Museum ini bertambah hingga 50 persen. Hal itu diucapkan Danang Hadi Putra, Bagian Pelayanan Publik Museum Geologi Bandung saat ditemui Bandung Ekspres kemarin (29/12).

”Biasanya, (jumlah pengunjung) sekitar 5 ribu per bulan. Sekarang nyampe 7 ribu per bulan. Bahkan, sebelum tanggal 1 nanti bisa mencapai angka 8 ribu kunjungan,” ucap Danang.

Danang juga menambahkan, semenjak libur sekolah, jumlah wisatawan luar Kota Bandung yang datang rata-rata mencapai lebih dari 25 rombongan tiap harinya. ”Hal tersebut tidak terlepas dari konten di Museum ini. Banyak ilmu pengetahuan bagi anak-anak, pelajar dan keluarga. Mereka bisa menikmati tapi tidak kaku,” tambahnya.

Berbagai persiapan pun dilakukan guna memberikan pelayanan maksimal kepada publik. Seperti petugas harus tahu job desk-nya masing-masing. Pelayanan harus dilakukan dengan cepat, tepat dan prima. Selain itu, dari segi pemandu serta tiketing harus diperhatikan juga.

Salah satu pengunjung Museum Geologi, Fikri, memanfaatkan momentum liburan ini sekaligus untuk belajar. Baginya, selain buat refreshing, liburan juga dapat dijadikan sarana untuk memberikan edukasi. Terutama untuk anak-anak.

Fikri yang datang bersama keponakan dan keluarganya menambahkan, bahwa liburan itu bukan cuma untuk bersenang-senang saja, tetapi harus ada informasi yang di dapat. ”Biar ada pengetahuan selama liburan. Terus juga bisa ngeliat bakat mereka dari sekarang minatnya apa,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan