Cimahi Masuk 100 Kota Terpilih di Indonesia

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Kota Cimahi bersama sekitar 100 daerah lainnya se-Indonesia terpilih dalam program pembangunan Taman Sains dan Teknologi atau Science Technopark (STP). BPPT sendiri mendapat mandat untuk melakukan pendampingan terhadap sembilan science technopark di Indonesia.

Pada 23 Oktober 2016, dilaksanakan soft launching sebagai salah satu upaya untuk menyosialisasikan kawasan dan konsep pengelolaan Cimahi Technopark kepada masyarakat luas, serta khususnya bagi para stakeholders terkait. ”Pelaksanaan kegiatan soft launching Cimahi Technopark selain sebagai sosialisasi juga diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat. Pemerintah kota selain telah melaksanakan pembangunan fisik kawasan Cimahi Technopark juga secara simultan telah merencanakan konten kegiatan serta konsep pengelolaan yang akan dilaksanakan pada kawasan tersebut. Sehingga diharapkan tidak ada masa tunggu dari pemanfaatan kawasan tersebut bagi kemaslahatan masyarakat Kota Cimahi,” kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Benny Bachtiar kemarin (23/10).

Dikatakannya, Technopark Kota Cimahi direncanakan  akan memiliki beberapa elemen kunci yang merupakan aktivitas utama yang akan dilaksanakan di dalam kawasan itu. Di antaranya sebagai pusat inkubator bisnis dan teknologi untuk melahirkan wirausaha-wirausaha baru di Kota Cimahi.

selain itu, tempat ini sebagai pusat advokasi dan pengembangan bisnis bagi UMKM dan IKM di Kota Cimahi, serta pusat pelatihan dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) para pelaku ekonomi lokal di Kota Cimahi.

”Seluruh elemen kunci dan aktivitas di atas dilaksanakan dengan pola kolaborasi quadruple helix (yaitu pola kolaborasi antara unsur akademisi-bisnis-pemerintah-komunitas) yang komprehensif dan berkelanjutan. Dilaksanakan di dalam suatu kawasan terpadu yang didukung dengan sarana prasarana yang memadai,” jelasnya.

Pembangunan technopark ini ditandai dengan monitoring, evaluasi dan MoU yang dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) RI beberapa waktu lalu.

Pemerintah Kota Cimahi selain telah berkolaborasi dengan BPPT, saat ini telah dan sedang menjajaki rencana kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi yang ada di Kota Cimahi dan Kota Bandung. Di antaranya dengan Unjani, Unpad, Unpas, Unpar, STIE Ekuitas dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan